Usai Dilantik Kapolsek, Pokdarkamtibmas Sektor Caringin Resor Garut Mendapat Dukungan Berbagai Pihak

HALO POLISI618 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, Kapolsek Caringin Polres Garut, Iptu Usep SE, membentuk Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Caringin pada Jumat (20/08/2021) lalu. Pokdar tersebut dibentuk dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat khsusnya di wilayah hukum Polsek Caringin termasuk kecamatan Mekarmukti.

Usai digelarnya pelantikan, Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Caringin, Tarmana S.Pd menyampaikan, keberadaan lembaganya sebagai mitra Polri ini ingin lebih aktif dan bermanfaat bagi masyarakat. Hubungan masyarakat dengan Polri dalam Pokdarkamtibmas, kata dia, dilandasi dengan rasa saling mempercayai dalam pencegahan kejahatan yang merupakan suatu komitmen sinergitas kinerja dengan tanpa mengabaikan ketentuan.

“Tentu kami berharap lebih bisa bersinergi dan membangun silaturahmi dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan Caringin dan Mekarmukti. Karena kami sudah menjadi satu dengan tugas Polri, makanya atribut ini harus dimaksimalkan dan jangan sampai disalahgunakan,” ujar Tarmana.

Pokdarkamtibmas Sektor Caringin saat ikut mengawal kegiatan Kapolres Garut bersama anggota Polsek Caringin.

Selain itu juga, pihaknya menjabarkan bahwa masih membutuhkan lebih banyak personel untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah hukum Caringin.

“Untuk anggota sendiri kami ada sekitar 17 orang, selanjutnya untuk membentuk kepengurusan Sub Sektor kami akan rekrut 5 orang dari setiap masing-masing desa. Dimana nantinya mereka akan bertugas membantu polisi dalam menjaga ketertiban dan mensosialisasikan sadar hukum dan peningkatan keamanan lingkungan,” tandasnya.

Walaupun terbilang baru, namun berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarkamtibmas Sektor Caringin cukup banyak, dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Anggota Pokdarkamtibmas setiap malam turut melaksanakan piket secara bergiliran di kantor Polsek Caringin.

“Kegiatan yang rutin kami lakukan diantaranya, patroli, melaksanakan piket di kantor Polsek, pengamanan Natal dan Tahun Baru, mengawal kegiatan vaksinasi, membantu lalu lintas dalam setiap kegiatan pemerintahan ataupun masyarakat, Pokdarkamtibmas selalu ada. Dan pasti semua kegiatan yang kami lakukan tersebut atas arahan dan petunjuk anggota Polri yang ada di Polsek Caringin,” pungkas Tarmana yang juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Sabtu (04/09/2021).

Menanggapi keberadaan Pokdarkamtibmas, Camat Caringin Rivan Mulyadi AP mengatakan, sangat terbantu dengan adanya lembaga mitra polri tersebut. Rivan menyebut, sebagai kepanjang tangananan kepolisian, Pokdarkamtibmas Sektor Caringin bukan saja telah meringankan tugas-tugas kepolisian namun juga pemerintah, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Kami sangat apresiasi dengan adanya Pokdar di Kecamatan Caringin, selamat atas pelantikannya. Mari kita bersama menjaga ketertiban dan keamanan di daerah kita, karena hal tersebut merupakan yang terpenting dalam kehidupan kita. Situasi kondusif di Kecamatan Caringin saat ini tidak terbentuk begitu saja, sehingga perlu adanya upaya untuk menjaga bahkan meningkatan kondusifitas tersebut,” ujar Camat Caringin.

Sementara, Kasat Binmas Polres Garut, Iptu Didi Sutardi menuturkan, berharap Pokdarkamtibmas harus menjadi contoh yang baik ditengah masyarakat. Pokdarkamtibmas dibentuk atas kesadaran kepedulian akan keamanan masyarakat itu sendiri. Karena mengingat polisi tidak akan mampu untuk menjamin keamanan dari masing masing individu masyarakat tersebut, tukasnya.

“Saya berpesan, agar Pokdarkamtibmas Sektor Caringin dapat memaksimalkan komunikasi dan koordinasi yang baik. Karena itu sangat penting. Saya juga menekankan kepada seluruh anggota Pokdarkamtibmas untuk menjalin sinergisitas kepada stakeholeder dan para pemangku jabatan lainnya mulai dari Forkopim Kecamatan yang tiga pilar, Kepala Desa dan lembaga desa hingga ke masyarakat harus tetap menjalin koordinasi yang baik,” ujarnya.

Iptu Didi menambahkan, tugas Pokdarkamtibmas yakni untuk memelihara ketertiban, keamanan lingkungan dan membangun kesadaran hukum serta kepercayaan masyarakat terhadap polri. Tugas penting lainnya adalah menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat secara kekeluargaan, akan tetapi tugasnya tidak boleh melebihi dari tugas kepolisian.

“Dengan terbentuknya Pokdarkamtibmas Sektor Caringin semoga bisa menjadikan contoh bahwa Polisi dan Masyarakat bisa menjalin komunikasi atau berbagi infomasi, bisa bermitra kerja dengan maksud dan tujuan bersama untuk menunjang Kamtibmas, yakni terciptanya kehidupan masyarakat dan bernegara yang aman, tertib, damai dan sejahtera serta terwujudnya kondusifitas wilayah Kecamatan Caringin,” pungkas Kasat Binmas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *