Pimpin Deklarasi Puluhan Desa, Kades Sukasenang Banyuresmi Garut Siap Sukseskan Desa ODF

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,079 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, adalah salah satu dari 90 desa se-Kabupaten Garut yang mendeklarasikan Desa Open Defecation Free (ODF) atau desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop-BABS) dalam mensukseskan Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan

Kepala Desa (Kades) Sukasenang, Iwan Ridwan, memimpin langsung 89 desa dan kelurahan, pembacaan deklarasi dan secara simbolis didampingi Kepala Puskesmas Sukasenang dan Camat Banyuresmi, menandatangani berita acara kesiapan desa ODF, dilapangan Setda Garut, Senin (30/08/2021).

“Alhamdulillah kami tidak henti-hentinya dan tak bosan melaksanakan intruksi Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini pak Bupati dalam memaksimalkan program lima pilar (STBM),” ujar Kades Iwan, usai deklarasi.

Penandatanganan Berita Acara Kesiapan Desa ODF, Kades Sukasenang Disaksikan Bupati Garut

Untuk mencapai desa ODF sendiri, lanjut Iwan, pihaknya bahkan sudah membangun septicthank komunal (bersama) termasuk WC. Ini diperuntukan bagi warga yang tidak memiliki jamban sehat dirumahnya.

“Kita akan terus berupaya mempertahankan bahkan meningkatkan sarana prasarana bidang sanitasi dan air bersih, agar program Desa Sukasenang ODF dan Lima Pilar STBM segera tercapai,” pungkas Iwan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *