Dukung Program STBM, Baznas Garut Serahkan Bantuan untuk Optimalisasi Sarana Sanitasi

FOKUS, GARUT KOTA1,048 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dukung penuh program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan pencanangan Desa Open Defecation Free (ODF), yakni desa Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, salurkan Bantuan Optimalisasi Sarana Sanitasi kepada lima Puskesmas yakni Puskesmas Peundeuy, Selaawi, Sukaraja, Bagendit dan Sukasenang Kecamatan Banyuresmi.

Ketua Baznas Kabupaten Garut H Rd Aas Kosasih S Ag M Si

Ketua Baznas Kabupaten Garut, H Rd Aas Kosasih S Ag M Si, menuturkan, bahwa bantuan yang dikucurkan merupakan bentuk kepedulian Baznas Garut dalam mensukseskan dan akselerasi program pemerintah dalam STBM dan Desa ODF.

“Pertama sepuluh, terus delapan dan sekarang ada lima (Puskesmas) disesuaikan dengan kemampuan,” ujar Aas, usai menyerahkan secara simbolis di lapangan Setda, Senin (30/08/2021).

Aas berharap, kedepan program ini bisa lebih gencar lagi, dikerjasamakan dengan Puskesmas, para kepala desa. Sehingga Kabupaten Garut bisa terbebas dari buang air besar sembarangan.

Ditempat yang sama, Bupati Garut H Rudy Gunawan, usai apel mengatakan, bahwa komitmen ODF ini di tahun 2021 ini selesai.

“Kalau selesai ODF-nya, sudah ada satu tatanan, dari lima pilar itu baru satu, yang kedua airnya, sampahnya. Terutama air, tidak buang air besar sembarangan dan sampah,” ucap Rudy.

Rudy mengaku, tingkat persentase STBM ini, di Kabupaten Garut, baru 67% dan dua bulan kedepan menuju ke 90%. Untuk wilayah perkotaan sendiri, lanjut Rudy, hitungannya masih sangat rendah. Hal tersebut karena faktor kemiskinan juga menghambat suksesnya STBM. Kekurangmampuan warga terkait kepemilikan jamban di rumah-rumah, karena berdasarkan WHO, adanya jamban sehat di rumah masing-masing.

Bupati Rudy juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas Kabupaten Garut yang telah banyak membantu Pemkab Garut dalam mensukseskan program ODF dan STBM. Dibawah kepemimpinan Rd Aas, Baznas Garut terus bersinergi bersama untuk turut andil dalam pembangunan, khususnya dalam mendorong percepatan Kabupaten Garut ODF. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *