Sukseskan Program ODF, Camat Sukaresmi Garut Tinjau Desa Padamukti

HARIANGARUTNEWS.COM – Pencanangan Desa Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Garut terus digenjot pemerintah daerah. Bupati Garut H Rudy Gunawan memerintahkan para camat, lurah dan kepala desa untuk mendorong percepatan wilayah desa dan kelurahan dengan status ODF.

Di Kecamatan Sukaresmi, unsur Forkopimcam yang langsung dipimpin oleh Camat Drs H Dadi DJakaria M Si, berkunjung melakukan monitoring ke Kampung Pagedeng RT 05/04 Desa Padamukti, salah satu desa yang dicanangkan ODF.

 

Hal tersebut dilakukan, sebagai tindaklanjut intruksi Bupati Garut tentang akselerasi desa/kelurahan ODF di wilayah Kabupaten Garut.

“Di Sukaresmi baru empat desa yang sudah melakukan pembinaan pada masyarakatnya tentang harusnya ODF, dan tiga desa lagi masih dalam pemicuan untuk melakukan hal yang sama,” ucap Camat Sukaresmi, Drs H Dadi Djakaria disela kunjungan di Desa Padamukti, Kamis (26/08/2021).

Ditempat yang sama, Kepala Desa Padamukti, Ujang Alit, kepada hariangarutnews.com menyampaikan, bahwa suksesi desa ODF ini perlu kesadaran warga masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat dengan perubahan prilaku hidup bersih dan sehat.

Pemerintah harus terus memberikan edukasi agar warga masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan dilingkungan rumah dan sekitar, dengan terus memberikan pengertian, pemicuan dan memberi pemahaman makna manfaat dari ODF itu sendiri.

“Memang harus ada kesadaran masyarakat tentang pentingnya ODF ini, meskipun pihak pemerintah memfasilitasi, percuma saja kalau masyarakatnya tidak mengerti apa gunanya ODF,” ujar Kades Padamukti.

Pihaknya pun akan terus berupaya dan bekerjasama dengan pihak terkait, berusaha maksimal untuk terus mensosialisasikan pentingnya ODF. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *