Wakil Bupati Garut : Kades Baru Segera Beradaptasi, Konsolidasi Penanganan Covid-19 dan Pantau Kondisi Sosial Warga

FOKUS1,052 views

HARIANGARUTNEWS.COM – 214 calon kepala desa terpilih telah dilantik Bupati Garut sebagai Kepala Desa periode 2021 – 2027. Prosesi pelantikan digelar secara virtual terpusat di Gedung Pamengkang, Komplek Pendopo Kabupaten Garut, Rabu (28/07/2021). 4 desa perwakilan dihadirkan langsung dan yang lainnya mengikuti di 40 kecamatan se-Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, meminta agar para kepala desa yang baru dilantik, bisa segera beradaptasi dan melakukan tugas fungsi pokok kepala desa dan terkhusus masalah penanganan Covid-19.

“Segera beradaptasi untuk menangani masalah pandemi Covid-19, dari segi kesehatan. Karena kita sudah meminta, disamping memang pasien yang sedang dan berat terpusat di RSUD, dan yang tanpa gejala dan ringan bisa diselenggarakan di desa terpusat,” tandas Helmi.

Keduanya, lanjut Helmi, dari sisi sosial. Dimana harus memberikan kepedulian kepada warga masyarakat, dalam hal sosial ekonomi dampak dari pada pandemi Covid-19.

Dalam hal penanggulangan kemiskinan, sambung Helmi, pemerintah daerah dan pemerintah desa secara bersama-sama, mulai dari bagaimana peran aktif dalam verifikasi dan validasi bersama fasilitator, agar dalam penyaluran bantuan tepat sasaran. Hal ini, imbuh Helmi, fokus pada perbaikan-perbaikan data, lebih kepada pengelolaan permasalahan yang krusial. Baik perlindungan sosial, kemudian peningkatan ekonomi dan lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para kepala desa yang hari ini dilantik. Ini adalah amanah dan mudah-mudahan semua bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *