Pasca Dilantik Jadi Kades, Arez Siap Gandeng Kaum milenial Membangun Desa Limbangan Timur

SEPUTAR GARUT1,238 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pilkades tahap II gelombang I yang dilaksanakan serentak pada 8 Juni 2021 lalu telah usai. Para Kades terpilih pun sudah dilantik oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara virtual di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Rabu (28/07/2021).

Menariknya, pada Pilkades serentak ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa. Tak sedikit dari calon kepala desa terpilih di Kabupaten Garut adalah generasi muda berusia produktif, salah satunya adalah kepala desa terpilih dari Desa Limbangan Timur, Kecamatan Blubur Limbangan, Heru Gunawan atau yang biasa disapa Kang Arez (43).

Arez yang tinggal di Perum Puri Kulsum, Kampung Sasakbeusi, Kecamatan Limbangan Timur merupakan generasi muda milenial yang sukses meraih kemenangan mutlak dengan perolehan sebanyak 1.208 suara di desanya, mengalahkan 4 kandidat kepala desa yang lain.

Menurutnya, saat ini banyak bermunculan Kepala Desa diusia produktif. Hal ini juga sebuah fenomena yang sering disebut dengan bonus demografi, dimana generasi usia produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.

Pelantikan 8 Kepala Desa di Kecamatan Blubur Limbangan.

“Saya rasa sekarang ini kaum atau generasi muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” ujar, Arez saat diwawancarai hariangarutnews.com.

Untuk diketahui, Arez sendiri memang sudah kerap kali aktif diberbagai bidang keorganisasian di desanya. Bahkan sebelumnya ia juga tergabung Club Motor Matrial Limbangan dan Club Sepedah DNT (Dulur Ngadu Tu’ur). Setelah terpilih menjadi Kepala Desa, Arez sendiri ingin mengajak generasi muda untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi.

“Kita tahu bahwa di desa banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi desa dan yang lainnya,” paparnya.

Ia juga berpesan kepada generasi muda yang lainnya di Kabupaten Garut untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.

“Saya harap generasi muda harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun desanya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa ini yang dimulai dari desa,” pungkas Arez.

Memang banyak harapan baru yang menunggu Kepala Desa bergaya milenial itu setelah dilantik di kantor Kecamatan Limbangan bersama tujuh kepala desa lainnya, Rabu (28/07/2021).

Yanuar misalnya, salah satu pemuda Desa Limbangan Timur menaruh harapan kepada pemerintah baru untuk enam tahun ke depan.

“Semoga dengan dilantiknya Kepala Desa Limbangan Timur yang baru, bisa membawa harapan baru kepada masyarakat khususnya kalangan generasi muda pada umumnya”, ujar Yanuar.

Pria yang akrab disapa Yan-Yan itu berharap, agar kedepan pemerintah desa melibatkan peran serta pemuda dalam penyelenggaraan program kepada masyarakat.

“Saya kira, peran pemuda itu sangatlah berpengaruh, terutama dalam penyelenggaraan program pemerintah. Olehnya saya berharap, pemerintah desa bisa melibatkan peran itu”, pungkasnya. (Zamil/Askos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *