Pembangunan TPT Jalan Desa Cibunar Malangbong Garut Sesuai Spesifikasi Teknis

HARIANGARUTNEWS.COM – Realisasikan anggaran bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Desa Cibunar, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut fokuskan pada pembangunan fisik atau infrastruktur dan non fisik.

Pantauan hariangarutnews.com, salah satu kegiatan yang sudah direalisasikan diantaranya pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan desa di Kampung Cibitung Wetan, Desa Cibunar dengan anggaran sebesar Rp66.900.000,-.

Perangkat Desa Cibunar, Badru yang menjabat sebagai Kepala Dusun (Kadus) saat memantau kegiatan, kepada hariangarutnews.com menyampaikan, bahwa dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) awal, Kontruksi bangunan tanpa tulang besi cakar ayam. Namun kata dia, karena kondisi kontur tanah yang labil dan juga melihat ketinggian bangunan, sehingga ada perubahan spek teknis dan tambahan volume.

“Awalnya memang di RAB tidak pakai besi kontruksi cakar ayam. Namun karena melihat kondisi ketinggian melebihi spek awal, kita berembuk dan usulan warga juga untuk memakai kontruksi cakar ayam termasuk penambahan volume,” ujar Badru, Senin (12/07/2021).

Kadus Badru juga menyampaikan, dalam pelaksanaan juga tentunya melibatkan warga masyarakat setempat termasuk bangunan yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan warga.

“Volume bangunan bertambah karena masyarakat menginginkan jalan normal dan memadai. Di spek awal kan hanya 10 meter, sekarang jadi 15 meter,” jelas Badru.

Memang kata Badru, dilapangan banyak pekerjaan yang sebetulnya diluar perhitungan awal RAB. Namun karena melihat kondisi yang mengharuskan adanya spek tambahan, akhirnya dilakukan.

“Alhamdulillah kalau melihat persentase ini hampir mencapai beres 100 persen,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *