Masa PPKM Darurat, Masih Banyak Warga Garut yang Langgar Prokes Saat Aktivitas di Pasar

FOKUS528 views

HARIANGARITNEWS.COM – Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, banyak ditemukan sejumlah warga masyarakat Kabupaten Garut masih saja abai protokol kesehatan (prokes) dengan tak menggunakan masker saat beraktivitas diluar, salah satunya di pasar.

Dari pantauan hariangarutnews.com, saat menelusuri sudut-sudut pasar Wanaraja, sekira jam 08.00 pagi, pada Kamis (08/07/2021), tak sedikit dari pedagang maupun pembeli yang tak menggunakan masker.

Mereka umumnya tak menggunakan masker dengan baik, sedangkan sebagian yang lain memilih untuk sama sekali tak menggunakan masker. Saat diwawancarai terkait alasan tidak menggunakan masker, mereka enggan berkomentar.

Kepala UPT Pasar Wanaraja, Asep, saat diwawancarai hariangarutnews.com mengatakan, dia setiap harinya selalu mengedukasi terkait protokol kesehatan baik kepada pedagang maupun pembeli/pengunjung pasar.

“Saya juga masih melihat baik dari pantauan CCTV maupun langsung, masih ada masyarakat yang tidak menerapkan prokes serta adanya di beberapa tempat pedagang ditemukan berkerumun. Ini berarti kurangnya kesadaran diri untuk menjaga penyebaran Covid-19 dengan beberapa alasan tidak menerapkan Prokes di masa pandemi,” kata Asep.

Memang, lanjut Asep, jam ramai pengunjung pasar tidak bisa ditebak. Yang jelas aktivitas para pedagang di pasar di mulai pukul 05:00 WIB pagi sampai pukul 14:00 WIB sore.

Menurut pantauannya, selain masih ada pedagang atau penjual yang tak mengenakan masker, tentunya masyarakat dari luar pasar Wanaraja tidak menerapkan prokes kesehatan. Berdasarkan pantauan dari CCTV, imbuh Asep, pihaknya inten mengawasi warga terkait penerapan prokes.

“Ttap kami himbau agar masyarakat tetap mengikuti prokes kesehatan saat berlangsungnya PPKM Darurat,” pungkasnya. (Fitri A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *