Sambut HUT Ke-75 Bhayangkara Polres Garut Gelar Vaksinasi Massal, Bupati : Ini Wujud Nyata Polri dalam Penegakan Prokes

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka menyambut HUT (Hari Ulang Tahun) ke-75 Bhayangkara, Polres Garut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan vaksinasi yang digelar di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (26/06/2021).

Bupati Garut, Rudy Gunawan menerangkan kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan secara bertahap dengan target 13 ribu masyarakat di Kabupaten Garut.

“Pada hari ini saya Bupati Garut bersama bapak Wakapolres mewakili Pak Kapolres dan seluruh pejabat utama dari Polres Garut dan juga dari pihak TNI dan Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi untuk 13 ribu orang,” katanya.

Kegiatan ini, kata Bupati, merupakan wujud nyata Polres Garut dalam melakukan penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan mendisiplinkan masyarakat untuk taat pada prokes.

“Ini adalah wujud nyata bagaimana Polres Garut melaksanakan secara konkret melakukan langkah-langkah penegakkan protokol kesehatan diantaranya adalah selain mendisiplinkan masyarakat dengan protokol kesehatan juga melakukan vaksinasi. Terimakasih Polri, Jayalah Polri, Dirgahayu Bhayangkara yang ke-75,” tandas Bupati Garut.

Sementara, Wakapolres Garut, Kompol Andrey Valentino mengatakan kegiatan ini juga mendukung serta menindaklanjuti program Presiden Jokowi yaitu dalam mencapai satu juta dosis perhari.

“Hari ini Sabtu 26 Juni 2021 bertempat di Pendopo Garut, Polres Garut beserta jajaran serta dibantu instansi terkait, telah melaksanakan vaksinasi massal, dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75 tahun 2021, yang mana ini merupakan bagian dari program Polri, guna mendukung dan menindak lanjuti program Presiden Jokowi, untuk mencapai satu juta dosis per hari,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, pada kesempatan ini pihaknya menggelar vaksinasi massal di 33 Polsek atau 63 Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut.

“Hari ini kami menggelar vaksinasi massal di seluruh Kabupaten Garut, yang tersebar di 33 Polsek atau 63 Puskesmas dengan target 13.385 dosis, Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi di Pendopo, kami telah menyediakan berupa 400 dosis vaksin, 30 orang vaksinator yang terbagi dalam 3 tim, dan warga yang divaksin kurang lebih 200 orang,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Garut, Asep Surachman, menuturkan dalam vaksinasi massal yang bekerja sama dengan Polres Garut ini, pihaknya berfokus pada vaksinasi kepada lansia.

“Iya kita fokus pada lansia, karena kita capaian lansia sampai saat ini cukup rendah, sehingga kita dibantu oleh Polres juga dalam rangka bagaimana akselerasi peningkatan capaian vaksinasi pada Lansia,” tutur Asep.

Ia mengungkapkan dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini, pendamping atau yang bukan lansia diperbolehkan melakukan vaksinasi, dengan syarat minimal membawa satu orang lansia.

“Alhamdulillah tadi ada lansia dikawal oleh pendamping, satu orang lansia satu orang pendamping minimal ya, tapi tadi ada yang bawa dua, ada yang bawa tiga, ini suatu bentuk kepedulian dari para pendamping untuk membawa Lansia baik orang tuanya, neneknya, atau tetangga, atau kerabatnya yang lain,” ucapnya.

Banyaknya lansia yang melakukan vaksinasi di Pendopo ini, lanjut Asep, merupakan suatu bentuk kesadaran masyarakat, terlebih di masa pandemi ini banyak lansia yang sakit bahkan meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Saya kira ini bentuk kesadaran masyarakat disaat kita pandemi ini, begitu banyak orang berjatuhan sakit bahkan meninggal, terutama pada mereka yang diatas usia 50 tahun ya lansia,” pungkas Asep. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *