Pengrajin Genteng dari Limbah Plastik di Garut

FOKUS1,825 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tahukah anda warga garut? Di pelosok garut terdapat pengrajin genteng di salah satu Desa Cisurupan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Uniknya, bahan genteng ini terbuat dari hasil olahan limbah plastik.

Kerajinan genteng ini merupakan inovasi dari salah seorang pemuda bernama Jerry Suyanto. Ia juga adalah orang yang menjadi penggagas dan mempunyai ide kreatif tentang daur ulang limbah plastik menjadi genteng.

Jerry Suyanto mengatakan, awal mula muncul ide tersebut yaitu banyak orang menggunakan limbah plastik menjadi paving blok (bahan bangunan). Kemudian ia berpikir untuk membuat inovasi lain, dengan cara mengolah limbah plastik menjadi bentuk baru.

” Mungkin salah satu awalnya, banyak orang menggunakan media sampah ini menjadi paving blok, dari itu saya berpikir, mungkin dari pengolahan sampah menjadi paving blok ada yang lebih baik lagi, yaitu saya mencoba membuat genteng, ” paparnya dalam acara talkshow Guar Garut, Minggu (13/06/21).

Ia menambahkan, pada tahun 2018 mulai melakukan riset karena potensi limbah sampah dapat dikembangkan. Setelah sekian lama mencoba, akhirnya pada tahun 2019 ia bersama teman-temannya dapat membuat produk genteng yang sangat bagus.

” 2018 awal saya riset, melihat potensi ini
bisa dikembangkan, sudah beberapa kali mencoba, alhamdulillah 2019 melihat produk saya dan teman-teman itu sangat bagus sekali, ” katanya.

Kelebihan yang dimiliki oleh genteng ini yaitu dapat didaur ulang kembali jika rusak dan juga tahan pecah.

Berkaitan dengan genteng yang dibuat oleh Jerry, ia mendapatkan penghargaan langsung dari Bupati Garut sebagai Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Daur Ulang Plastik menjadi Genteng. (Din / Tim Prakerin Uniga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *