Di Pendopo, Bupati Garut Buka Langsung Acara Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia

FOKUS509 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan, membuka secara langsung kegiatan vaksinasi Pra Lanjut Usia (Lansia) dan Lansia yang digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA UNPAD) bekerja sama dengan Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia, Unicef, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang dilaksanakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/06/2021).

Bupati Garut mengucap syukur dengan dilaksanakannya vaksinasi untuk Pra Lansia dan Lansia. Ia juga menerangkan bahwa IKA UNPAD dalam mempromosikan kegiatan vaksinasi ini memiliki cara yang unik dengan mengadakan kegiatan perlombaan yaitu lomba video.

“Tentu kita bersyukur hari ini kita melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk Pra Lansia dan Lansia kerjasama IKA Unpad dengan berbagai komunitas yang ada di Garut khususnya Dinas Kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan hari ini. Tentu selain itu biasanya Unpad ada inovasi yaitu dalam rangka mempromosikan kegiatan ini dengan mengadakan perlombaan,” kata Bupati Garut.

Rudy mengungkapkan, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi dalam kurun waktu enam bulan.

“Meskipun demikian, kami dari Pemerintah Kabupaten Garut telah siap dengan seribu lebih vaksinator dan kami siap dengan tiga ratus ribu vaksin perbulan. Dan tentu akan kami selesaikan dalam waktu yang singkat dengan 1,8 juta x 23,6 juta kami selesaikan dalam waktu enam bulan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA FK (Fakultas Kedokteran) Unpad, dr. Lia G. Partakusuma, dr., SpPK (K), MM, MARS, mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan seribu orang, sedangkan yang baru mendaftar adalah sekitar 600 orang peserta. Ia berharap, kegiatan ini bisa menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

“Sampai kemarin itu terdaftar di kami hampir 600 pendaftar, kami berharap kalau bisa sampai seribu Lansia, Pra Lansia, dan pengantar ini sudah disiapkan vaksinnya. Ini mudah-mudahan bisa membantu Kabupaten Garut untuk percepatan agar penularan Covid-19 ataupun mereka kena tetapi mereka akan menjadi lebih ringan sehingga menurunkan angka kematian Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Maskut Farid mengatakan dengan adanya kegiatan vaksinasi ini tingkat partisipasi masyarakat terhadap vaksinasi terutama Lansia bisa meningkat.

“Untuk proses vaksinasi, kita ini mampu karena sudah punya tim di 67 puskesmas dan kita juga sudah berpengalaman dalam melaksanakan vaksinasi massal. Nah makanya dengan kegiatan ini, yang kita harapkan adalah tingkat partisipasi. Dimana target Lansia masih kecil perolehannya, maka dengan ini diharapkan semuanya bisa melaksanakan vaksinasi,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *