Garut Darurat Covid-19, Wakil Bupati Cek Kesiapan Seluruh Rumah Sakit Rujukan

FOKUS1,399 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman kembali mengecek kesiapan beberapa Rumah Sakit (RS) Rujukan Pasien Covid-19 di Garut serta meninjau secara langsung kondisi beberapa tempat isolasi di Kabupaten Garut.

Wabup Garut menyampaikan, bahwa pihaknya akan menjadikan Rumah Susun (Rusun) Gandasari sebagai RS darurat jika nanti mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan.

“Hari ini kita berkunjung ke Rusun Gandasari, Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu untuk memastikan fasilitas yang berada di rusun itu benar-benar baik dan rusun ini kemungkinan akan di jadikan rumah sakit darurat setelah mendapatkan ijin dari kementrian,” ujar dr. Helmi seusai melaksanakan kunjungan ke Rusun Gandasari yang berlokasi di Jalan Raya Bayongbong – Garut, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Kamis (10/06/2021).

Sebelumnya, ia juga sempat mengecek langsung beberapa rumah sakit yang menangani Covid-19 diantaranya RS Inta Husada dan RS Anisa Queen untuk mengetahui pelayanan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut.

“Sekarang ada peningkatan jumlah yang positif diduga ini adalah outbreak, makanya saya mempersiapkan seluruh rumah sakit kalau sebelum-sebelumnya kita panggil pihak rumah sakit, sekarang saya cek langsung ke lapangan. Rumah Sakit Umum saya cek, Intan Husada saya cek, Anisa Queen dan Rusun Gandasari bagaimana pelayanan covid di puskesmas,” tuturnya.

Untuk saat ini dalam mengantisipasi outbreak , lanjut Helmi, ada beberapa Puskesmas bisa menangani pasien Covid-19, namun hanya pasien dengan gejala ringan.

“Karena Puskesmas ini kan baru menangani CovidĀ  dan ini hanya kondisi-kondiai tertentu saja Puskesmas Cilawu, Puskesmas Kadungora dan Puskesmas Cisurupan bisa menangani gejala covid yang ringan,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan Rusun Gandasari dan di Islamic Center sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 dan jika penanganan di rumah sakit penuh, maka pihaknya akan menyiapkan Puskesmas untuk melayani pasien Covid-19.

“Makanya kita harapkan nanti yang tidak bergejala itu betul-betul melakukan isolasi mandiri yang ketat di rumah, itu kalau misalkan rumahnya tidak memadai kita juga sudah menyiapkan Rusun Gandasari dan Islamic Center, kalau rumah sakit sudah penuh kira siapkan puskesmas,” pungkas Wakil Bupati Garut (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *