Terkait Isi Surat Laporan Bencana di Mekarjaya Cikajang, Kades : Murni “Human Error”, Persoalan Sudah “Clear” dengan Camat dan BPBD

FOKUS2,232 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sejatinya, dalam suatu pekerjaan, “human error” bisa terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Disengaja atau tidak atau mungkin ketidaktelitian dan ini bisa berakibat atau berdampak negatif dikemudian hari. Maka keseriusan kerja baik tim work maupun individu harus diperhatikan, agar meminimalisir atau tidak terjadi kesalahan sekecil apapun.

Di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, akibat unsur guyon salah seorang perangkat desa setempat dan kurang teliti dari rekan kerja lainnya yakni Surat keluar berbentuk laporan bencana yang ditujukan kepada Camat Cikajang dengan nomor : 382/15/IV/Ds/2021, tertanggal 17 April 2021 tentang Laporan Bencana Alam, diharapkan tidak terulang lagi.

Dalam surat tersebut, tertera ditujukan kepada Yth. Camat Cikajang Di Amerika Serikat. Selanjutnya, pada paragraf pertama surat tertera “Disampaikan dengan hoream,”.

Kepala Desa Mekarjaya, Sukanda, saat dikonfirmasi hariangarutnews.com, menyampaikan kronologis bagaimana keteledoran dari perangkat desanya.

“Memang perangkat desa dalam penyampaian laporan ini seperti biasa, kalau ada kejadian bencana, mereka langsung ke lokasi, setelah terdata dilaporkan ke tingkat kecamatan,” ujar Sukanda.

Lanjut disampaikan Sukanda, karena ada pegawai kecamatan, saat itu laporan langsung ditindaklanjut ke Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut. Kemudian, dari perangkat desa membuat surat.

“Kasi Perencanaan ada unsur humor atau bercanda (terkait surat), dan perangkat desa satunya lagi tidak di cek kembali karena kondisinya kurang sehat. Surat disampaikan, tapi surat ditujukan ke kecamatan bukan BPBD,” jelas Sukanda.

Saat ini, sambung Sukanda, memang keteledoran ini harus segera diselesaikan dan diklarifikasi agar tidak berkembang menjadi opini negatif.

“Apalagi dalam situasi saat ini, bisa saja yang terjadi dimanfaatkan dengan hal yang tidak-tidak. Namun pada intinya, permasalahan ini sudah diluruskan bersama perangkat desa dan ini murni “human error”. Bahkan pak Camat Cikajang mafhum dan sudah memaklumi keteledoran tersebut. Sekali lagi, intinya sudah tidak ada masalah, kami minta maaf, yang penting tidak terulang kembali,” terang Sukanda.

Terpisah, sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, mengaku telah kedatangan perangkat desa dari Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang guna meminta permohonan maaf perihal surat tersebut.

“Ya betul pada Jumat (04/06/2021) lalu, saya kedatangan perangkat desa dari kecamatan Cikajang guna mengklarifikasi surat laporan bencana karena memang dalam isi surat ada kalimat yang nyeleneh. Namun pada prinsipnya tidak ada masalah karena surat bukan ditujukan ke BPBD, kami hanya menerima tembusan saja. Mudah-mudahan hal demikian tidak terjadi lagi kedepannya,” tutup Kepala BPBD Kabupaten Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *