Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, Bupati Garut : Amankan Setiap Tahapan Termasuk di 2.228 TPS

FOKUS516 views

HARIANGARUTNEWS.COM – H -1 jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Garut, Forkopimda gelar apel Gelar Pasukan Pengamanan di Lapangan Mapolres Garut, Jenderal Sudirman, Senin (07/06/2021). Apel tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Garut dan para Pejabat Utama Polres, Ketua DPRD, Dandim 0611, Kajari, Ketua Pengadilan, Sekretaris Daerah, Asda I, Dan Den Pom III/2 Garut, Danyon 4 Kompi A Satbrimob Polda Jabar, Kasatpol PP, Kadis DMPD, Kadishub, Kadinkes, Kadis Damkar, Ketua MUI Garut.

Sementara, untuk pasukan gabungan yang terdiri dari 1 regu Kodim 0611, 1 regu Dan Den Pom III/2 Garut, 1 Regu Yonif 303 Rider, 1 regu sat Brimob, 1 Regu Sat Pol PP, 1 regu Dishub, 1 peleton Dalmas Polres Garut, 1 peleton Sat lantas Polres Garut, 1 peleton Gabungan Polsek Polres Garut, 1 regu dari sat Intel, sat Reskrim l, dan sat narkoba, yang seluruhnya berjumlah 150 orang.

Dalam Esensi Arahan dari Pimpinan Apel, Bupati Garut Rudi Gunawan menyampaikan, bahwa gelar pasukan kali ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan jajaran Polres Garut yang di bantu oleh Bko Polres samping (Polres Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Ciamis, Polres Sumedang) dan Sat Brimob Polda Jabar. Sehingga seluruh rangkaian tahapan dalam pilkades serentak Tahap 2 gelombang 1 tahun 2021, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar ditengah pandemi covid-19 yang belum kunjung selesai.

“Pengamanan Pilkades serentak Gelombang I Tahap II tahun 2021 Kabupaten Garut, Polres Garut melibatkan 2/3 kekuatan personel untuk mengamankan setiap tahapan Pilkades ini termasuk pengamanan 2.228 TPS yang tersebar di 217 Desa, 40 Kecamatan dan 31 Polsek Jajaran Polres Garut, dan sudah barang dalam yang timbul sebagai dinamika sosial dan politik yang terjadi, dimana apabila tidak diantisipasi dan ditangani atau baik, dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran selama pilkades serentak dilaksanakan,” ujar Bupati Garut dalam sambutannya.

Bupati juga menjelaskan bahwa hal tersebut bisa saja dilatarbelakangi aksi masyarakat serta ketidakpuasan penyelenggara pilkades masyarakat yang ditujukan kepada serentak ini baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

“Untuk itu kita antisipasi agar apabila adanya aksi massa, dimana proses yang awalnya berjalan kondusif, namun karena adanya provokasi dan adanya masalah yang tidak tertangani dengan baik, dalam penyelenggaraan pilkades ini tidak ada perkembangan sehingga situasi kamtibmas menjadi tidak stabil, yang berdampak pada timbulnya kerugian harta benda, korban jiwa, serta terganggunya aktivitas masyarakat,” paparnya.

Lanjut disampaikan Rudy, untuk menghadapi tugas Pengamanan Pilkades, ia menekankan kepada semuanya agar siapkan mental dan fisik saudara-saudara, yang dilandasi oleh komitmen moral dan dalam disiting ikan yang terbaik kepada masyarakat. Hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik dan arogan, yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat; terdapat dalam visi misi polres garut yaitu kejujuran’ integritas, kerjasama, hirarki dan loyalitas.

“Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan babinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga dapat diantisipasi,” tandasnya.

Selanjutnya, sambung Rudy, agar meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan tindakan anarkhis lainnya, momentum pilkades serentak yang memanfaatkan di seluruh wilayah kabupaten garut. Kemudian memaksimalkan potensi masyarakat yang ada diwilayah seperti toga, tomas dan toda untuk membantu mengamankan jalannya proses pemungutan suara dan titik-titik rawan kriminalitas.

“Jaga netralitas selaku aparat keamanan, dengan tidak mengarahkan keluarga/siapapun untuk memilih atau mendukung pasangan calon Kepala Desa. Jalin kerjasama yang harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, dalam mewujudkan sinergitas polisionil yang proaktif. Jaga kesehatan, keselamatan, patuhi dan jalankan protokol kesehatan covid-19 disetiap tugas anggota sekalian,” beber Rudy dalam arahannya.

Bupati juga mengucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak.

“Semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Bupati Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *