Jumlah Rekruitmen PPPK Guru di Kabupaten Garut, Ini Penjelasan Wakil Bupati

FOKUS1,425 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garurt dr Helmi Budiman, sampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas Milad ke 15 Forum Aliansi Guru dan Karyawan (Fagar) Kabupaten Garut. Helmi menyampaikan terima kasihnya atas dedikasi dari para tenaga pendidik (Honorer) tersebut yang tergabung dalam Fagar Kabupaten Garut.

Helmi menyebutkan, tenaga kependidikan yang statusnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Garut saat ini masih kekurangan dan belum memadai. Makanya, kata dia, peranan guru honorer ini menjadi sangat penting adanya untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Garut.

“Terbayang kalau kita hanya punya guru PNS dan PPPK saja tidak ada Honorer, anak-anak kita belum tentu bisa melaksanakan pembelajaran yang memadai semuanya. Oleh karena itu, atas nama Pemkab Garut, saya selaku Wakil Bupati mengucapkan terima kasih atas dedikasi para guru (Honorer) selama ini kepada kami masyarakat Kabupaten Garut yang membutuhkan pendidikan,” ungkap Helmi dalam sambutannya.

Lanjut disampaikan Wakil Bupati, terkait rekruitmen PPPK, pada awal saat dikumpulkan secara online oleh para Menteri, ia merasa senang karena waktu itu se Indonesia mendapatkan satu juta yang kemudian di break down, Garut mendapatkan 8.800. Namun dalam perjalanannya ternyata sumber dananya tidak dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melainkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Ketika dihitung di APBD Kabupaten Garut, 8.800 itu ternyata menghabiskan anggaran Rp504 miliar, sedangkan kapasitas fiskal kita, tahun ini saja kurang dari Rp500 miliar. Saya sudah hitung dengan pak Sekda, sekitar Rp450 miliar,” jelas Helmi.

Ditahun lalu, sambung Helmi, kapasitas fiskal Garut ini Rp600 miliar dan tahun ini 2021 hanya Rp450 miliar. Makanya kata Helmi, dengan berat hati, Pemkab Garut hanya bisa mengajukan 196. Akan tetapi, lanjut Helmi, para guru honorer jangan khawatir, kalau sekarang guru ini hanya 196 orang, ditahun 2022 bisa 1.200 orang untuk guru PPPK Kabupaten Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *