Jelang Pilkades Serentak 2021, Wakil Bupati Garut Ingatkan Panitia Harus Bersikap Netral Tidak Berpihak

FOKUS567 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 217 desa se-Kabupaten Garut, Wakil Bupati dr Helmi Budiman, melakukan monitoring persiapan pelaksanaan di Desa Cigintung, Kecamatan Singajaya, pada Kamis (06/05/2021). Wakil Bupati (Wabup) menyampaikan, bahwa sejauh ini desa yang mengikuti Pilkades tidak terjadi permasalahan, cenderung aman.

“Yang terpenting ialah sejauh ini tahapan telah dilalui seluruhnya. Serta daftar Pemilih Tetap (DPT) juga telah ditetapkan. Apabila DPT sudah ditetapkan maka sudah menjadi keputusan, tahapan hari ini pun penetapan nomor urut calon Kepala Desa (Kades). Oleh karena itu, kita melakukan pantauan agar segala sesuatunya berjalan aman. Kunci keberhasilannya ada di panitia Pilkades, calon kades, pendukung dan beberapa faktor yang lain,” tutur Wakil Bupati.

Wakil Bupati saat monitoring di Kecamatan Singajaya

Jadi yang namanya panitia Pilkades, lanjut Wabup, harus benar-benar netral, tidak memihak salah satu. Sebab, tugas panitia harus memfasilitasi calon kades yang ada, harus adil dan seimbang. Kegiatan Pilkades, sambung Wabup, merupakan rutinitas setiap 6 tahun sekali. Bagaimana agar demokrasi di desa dibuat se-riang mungkin, se-kondusif mungkin dan bahagia.

“Namanya kan pesta demokrasi, jadi seharusnya jangan sampai ada kecurangan-kecurangan, menjelek-jelekkan. Mari bersama-sama kita memberikan kebahagiaan kepada masyarakat,” paparnya.

Ia pun mengingatkan bahwa bila terjadi permasalahan, maka yang dirugikan adalah masyarakat desa sendiri. Oleh karena itu Wabup mengajak kepada semua pihak mulai dari panitia, calon kades, pendukung dan semua yang terlibat agar tetap menjaga kondusifitas, pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *