Forkopim Kecamatan Wanaraja Garut Gelar Loka Karya Mini Lintas Sektor

SEPUTAR GARUT763 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Camat Wanaraja, Mia Herlina membuka Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin (3/5/2021).

Menurut Camat Wanaraja, kesehatan masyarakat bukan hanya tugas dari Dinas Kesehatan, tapi merupakan tugas bersama seluruh sektor, artinya harus ada komunikasi, koordinasi lintas sektor dan kerjasama setiap lini dilapangan baik dalam menangani stunting, atau protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mia berharap acara lokmin ini menjadi ajang pembelajaran serta pemecahan masalah dan komunikasi antar sektor di lapangan.

“Lokmin jangan hanya seremonial saja, jadikan lokmin ini sebagai ajang pembelajaran, diskusi pemecahan masalah dan komunikasi antar sektor di lapangan,” ujar Mia dihadapan peserta.

Hal yang sama disampaikan Danramil Wanaraja, Kapten Suwardi, pentingnya kerjasama dan dukungan semua sektor untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

“Mau masyarakat sehat? ya harus didukung semua sektor, ga bisa sendiri-sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Wanaraja, Kompol O. Suhendar menuturkan, para kader harus memberikan solusi terkait permasalahan baik itu terkait stunting ataupun ODF (Open Defecation Free).

“Apa yang terjadi di lapangan dibawa oleh para kader ke ajang lokmin, carikan solusinya, seperti jika ada kasus stunting bagaimana solusinya, masih ada 3 desa di Kecamatan Wanaraja yang belum ODF atau buang air besar sembarangan dan lainnya,” ucap Suhandar.

Ia juga menekankan agar lakmin ini lebih implementatif, tidak bisa hanya obrolan semata tanpa hasil yang jelas.

“Lokmin itu ga cuma ngobrol-ngobrol yang ga jelas, cari solusi masalah di lapangan, itu diantaranya tugas kader untuk mendata,” pungkasnya. (Irwi/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *