Kultum pada Safari Ramadhan 1442 H, Ini yang Disampaikan Wakil Bupati Garut

FOKUS290 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam kegiatan Safari Ramadhan Subuh Akbar di Mesjid Al-Hikmah, Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Minggu (25/04/2021), Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman dalam Kuliah Tujuh Menit (Kultum) ia menyampaikan bahwa sebagai umat muslim sudah seharusnya bersyukur karena masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan, apalagi dimasa pandemi Covid-19.

Karena kata Helmi, di masa awal pandemi, pemerintah membatasi kegiatan ibadah untuk mengantisipasi resiko penularan covid 19.

“Oleh Allah SWT kita masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan, jika dikaitkan dengan situasi pandemi yang telah banyak memakan korban, kita bersyukur diperbolehkan oleh pemerintah untuk melaksanakan sholat berjamaah. Walaupun dengan mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam Kultum-nya, Helmi juga memaparkan, bagi orang yang pandai bersyukur, Allah telah berjanji akan menambahkan nikmatnya, sebagaimana Firman-Nya dalam Al-Quran yang berarti “Dan ingatlah juga, tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti akan Kami tambahkan nikmat-Ku kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Sebagaimana dengan Nabi Sulaiman yang diberikan kekuasaan dan pengetahuan yang tinggi, maka ia bersyukur atas nikmat tersebut dan Allah pun meninggikan Nabi Sulaiman dengan derajat yang tinggi.

“Begitulah pentingnya kita untuk bersyukur dalam kehidupan ini, banyak sekali kisah-kisah yang Allah abadikan dalam Al-Quran agar manusia bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut. Meskipun kita tidak memiliki harta yang banyak, mobil mewah, rumah mewah, dan lain sebagainya. Namun rasa syukur kita kepada nikmat Allah yaitu sehat, tidak kurang satu apapun dalam fisik kita, masih bisa bernafas, nikmat islam, nikmat melihat, itu semua merupakan hal yang patut kita syukuri,” kata Wakil Bupati Garut. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *