Indahnya Kebersamaan Manfaatkan Moment Ramadhan di “Saung Baca Cikal” Bayongbong Garut

SEPUTAR GARUT625 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Moment bulan suci Ramadhan ini benar benar dimanfaatkan para Tokoh Pemuda Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut untuk menebar kebaikan dengan berbagai cara yang ditempuh. Acara bukber yang berlangsung secara sederhana namun penuh suasana ceria ini adalah bentuk kepedulian dari beberapa komunitas yang ada di Kecamatan Bayongbong.

Seperti yang baru saja dilaksanakan Sabtu (17/04/2021) kemarin. Bertempat di Saung Baca Cikal, tepatnya di Kampung Nangoh, RT04/02, Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, para Pengurus GADA AMS Rayon Bayongbong, Ormas Orang Indonesia (OI) Cikal BPK Bayongbong, Pokdarkamtibmas Bhyangkara Sektor Bayongbong, DPD PANNA Kabupaten Garut dan HITMA Satya Kecamatan Bayongbong melaksanakan kegiatan buka bersama dengan mengajak anak-anak yatim yang menjadi bagian dari Saung Baca Cikal ini.

Di Saung Baca Cikal yang didirikan pada 31 Desember 2020 ini bukan hanya sebuah tempat yang sepintas orang akan mengira sebuah taman bacaan saja. Tetapi disini banyak sekali kegiatan positif yang tersamarkan dengan lokasi tempat yang jauh dari keramaian Kota Garut.

Pimpinan Perusahaan Media Cetak dan Online Harian Garut News, Husni Dinika, saat memberikan sambutan bersama anak-anak yatim di Saung Baca Cikal, Sabtu (17/04/2021).

“Minat baca masyarakat, terutama anak-anak harus terus ditingkatkan, mengingat rangking Indonesia  terpuruk dibandingkan negara-negara lain soal tradisi membaca. Keprihatinan inilah yang kemudian saya terdorong untuk membangun taman baca di kampung ini,” ujar Ketua Kelompok Saung Baca Cikal, Sansan Donelt OI.

Ditengah kesibukannya, San San bisa meluangkan waktunya untuk menghibur anak-anak yang ada di saung baca sambil menunggu buka puasa tiba. Juga ada pemberian bingkisan kepada anak-anak yatim yang turut hadir di Saung Baca Cikal sebelum menuju acara puncak yakni buka puasa bersama.

“Bagi saya, berbuka puasa bersama menjadi moment yang baik untuk mendidik dan membangun karakter siswa. Khususnya kepekaan sosial dan persaudaraan seperti senantiasa memupuk nilai kebersamaan, saling berbagi, dan menjadi pribadi terpuji yang taat beragama,” pungkas San San.

Senada dengan San San, Ketua GADA AMS Rayon Bayongbong, Alit Supriyatno mengatakan, kebiasaan membaca harus ditumbuhkan sejak dini. Tantangan untuk membiasakan membaca saat ini, kata dia, sangat berat karena gempuran ponsel pintar dan tayangan televisi. Dua hal itu menjadi faktor pemicu masyarakat malas membaca buku.

“Kami melihat banyak anak-anak yang jauh dari bacaan, padahal membaca itu penting sekali. Selain layanan buku cerita, kami juga bersama pengurus OI dan HITMA Satya kerap memberikan Bimbingan Belajar (Bimbel) Komputer, bahasa Inggris dan lainnya demi untuk menumbuhkan motivasi dan harapan di kalangan anak-anak,” ujar Alit Supriyatno.

Terpisah, Ketua Gada AMS Distrik 005 Garut, Yudi Nurdiansyah, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus GADA AMS Rayon Bayongbong tersebut. Dia mengatakan selain berbuka puasa bersama, kegiatan itu juga untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah antara seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan keluarga besar GADA bersama lembaga atau komunitas lainnya.

“Kami apresiasi apa yang dilakukan Gada AMS Rayon Bayongbong, Ormas OI, Pokdar, PANNA dan HITMA Satya adalah positif karena ada bentuk kepedulian terhadap sesama, sehingga bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan mengajak sesamanya untuk saling berbagi. Berbuat baik seperti bersedekah, memberi makan kepada orang lain, walaupun hanya sedikit, tetapi kita tidak tahu mungkin ini yang akan mencukupkan kita untuk masuk ke pintu surganya Allah SWT,” pungkas Yudi.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Pokdarkamtibmas Polres Garut, Nendi Sajidin, Pimprus Harian Garut News, Husni Dinika, Humas DPD PANNA Kabupaten Garut Tati Nuryati, pengurus AMS Distrik 005 Garut, Desti, Ketua GADA AMS Rayon Bayongbong, Alit Supriyatno, Ketua OI Cikal BPK Bayongbong, Sansan Donelt, Ketua HITMA Satya Galih Sya’ban dan undangan lainnya. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *