Serentak Simulasi Masuk Sekolah di Kabupaten Garut, Bupati : Prokes Diutamakan dan Waktu Belajar Hanya Tiga Jam

FOKUS1,413 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut H Rudy Gunawan, usai membuka secara resmi Turnamen Sepakbola Bupati Garut Cup U-40 tahun 2021, dilapangan olahraga Kerkhof, Sabtu (17/04/2021) menuturkan bahwa mulai hari Senin (19/04/2021) mendatang, di 42 Kecamatan se-Kabupaten Garut, secara serentak akan melaksanakan masuk sekolah baik PAUD, TK, SD maupun SMP.

“Barusan kami telah rapat dengan dinas pendidikan. Kita dari segi preventif, ada pengukuran suhu tubuh di seluruh sekolah. Kalau yang anaknya panas, tidak boleh masuk,” ucap Rudy.

Lanjut disampaikan Rudy, untuk Rombongan Belajar (Rombel), itu maksimal 50% dan waktu belajarnya hanya tiga jam saja. Sedangkan untuk SMP, waktu belajar sama 3 jam tapi untuk Rombelnya maksimal 40%.

“Yang jadi masalah kami sekarang ini, antusiasme yang tidak bisa dibendung, jadi kami juga harus melihat. Tapi sementara ini tidak pakai seragam dulu. Jadi yang kami utamakan, yang dari kelas 6 yang kemarin kelas 1 SMP. Karena sampai saat ini mereka belum tahu sekolahnya di mana, dan itu diutamakanlah sosialisasinya,” jelas Rudy.

Bupati Rudy menjelaskan, belajar ini sebagai simulasi dan setelah dua minggu sebelum menghadapi lebaran, akan libur. Dan setelah itu nantinya akan dipermanenkan.

“Dipermanenkan itu, setelah kami membuat surat keputusan (SK), kalau sekarang ini persiapan dalam pencanangan Gerakan Ayo Masuk Sekolah,” tandasnya.

Yang menjadi indikator dan evaluasinya tambah Rudy, yang utama adalah penerapan protokol kesehatan. Karena, imbuh Rudy hal ini menyangkut keselamatan jiwa.

“Kami sudah siapkan ruang isolasi di berbagai tempat, termasuk kesiapan khusus untuk siswa ini di rumah sakit dan beberapa tempat lainnya, itu adalah 100 Bad,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *