Pengadilan Agama Garut Gelar Sidang Itsbat Nikah untuk 50 Pasutri

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengadilan Agama Kabupaten Garut gelar Sidang Itsbat Nikah tahun 2021. Sidang dilakukan di gedung Pengadilan Agama Kelas 1A dengan tiga gelombang yang diikuti oleh 50 pasangan suami-istri (Pasutri) dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Garut.

Nampak antusiasme warga (peserta) terpancar demikian sumringah. Hal ini dikarenakan mereka akan mengikuti kegiatan Sidang Itsbat Nikah yang diselenggarakan di Pengadilan Agama. Karena dengan Itsbat, perkawinan mereka menjadi memiliki kekuatan hukum dengan terbitnya buku nikah sah secara negara.

Hal ini akan menjamin baik pasutri ataupun keturunannya (anak-anaknya) tercatat di administrasi negara yang akan menjadi syarat untuk mengurus dokumen kependudukan yang lainya. Dengan buku nikah hak perempuan dan anak semakin terjamin, terhindar dari praktek-praktek yang bisa merugikan pihak perempuan dan anak.

Pantauan media, pada sidang Itsbat gelombang kedua yang diikuti oleh 18 pasang yang berasal dari Kecamatan Cisewu, Cikajang, Cisurupan, Peundeuy, Taroging Kidul dan Bayongbong.

Salah seorang peserta Itsbat Nikah gelombang 2, dari Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Asep Burhanudin menuturkan, ia sangat merasa terbantu dengan adanya Sidang Itsbat Nikah tersebut.

“Sumuhun, abdi kabantos pisan kuayana Itsbat nikah, pun anak tiasa ngadamel akte lahir. Margi salah sawios syarat ngadamel akte kedah aya buku nikah (Betul, saya merasa terbantu sekali dengan adanya Itsbat Nikah, anak saya bisa membuat dokumen akta lahir. Karena salah aatu syarat membuat akta lahir dengan adanya buku nikah orang tua,” tutur Asep, Jum’at (16/04/2021).

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Dinas PPKBPPPA Kabupaten Garut, Iryani menyampaikan, bahwa sidang Itsbat tahun ini terlaksana atas kerjasama DPPKBPPPA, Pengadilan Agama dan Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) Kabupaten Garut.

“Saat ini telah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya. Saya berharap setiap tahun bisa menyelenggarakan jegiatan yang sama dengan kuantitas yang lebih banyak,” ucap Iryani.

Motekar Kecamatan Cisewu, Epni yang mendampingi kegiatan Itsbat, menyampaikan hal serupa. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran program.

“Terima kasih untuk semua pihak yang telah turut serta mensukseskan program Itsbat Nikah ini dan juga bisa bersinergi dengan tugas kami (Motekar) dilapangan,” ungkapnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *