Prioritaskan Pemulihan Dimasa Pandemi, Desa Bunisari Malangbong Garut Salurkan BLT DD Tahap I

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I tahun 2021 pada Jum’at (09/04/2021). Hadir dalam acara, Kepala Desa Bunisari Taufik, Camat Malangbong RM aliyudin, Kapolsek AKP Abusono SH, Danramil Kapten CHB Sobirin, Bhabinkamtibmas Bripka Cecep Candra, Babinsa Sertu Tata Suhendar.

Kepala Desa Bunisari, Taufik, saat diwawancarai hariangarutnews.com, ia mengucap syukur telah bisa menyalurkan program BLT DD untuk 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peruntukan bulan Januari sebesar Rp300 ribu per KPM.

“Alhamdulillah, waktu penetapan kepada para KPM tentang BLT DD, semua itu berdasarkan atas dasar hasil musyawarah dalam tahapan Musdesus,” ucap Taufik.

Dimana, lanjut Taufik, musyawarah dihadiri oleh, RT, RW, BPD dan lembaga yang lain untuk menentukan hasil musyawarah. Sehingga jumlah mengerucut ditetapkan 24 KPM, terbagi di beberapa wilayah di Desa Bunisari.

“Penerima merupakan non (bukan penerima) bantuan pemerintah seperti PKH dan BPNT. Rata-rata satu KPM per satu wilayah RT, karena jumlah RT di Desa Bunisari ada 24,” terang Taufik.

Program Dana Desa ini, lanjut Taufik, merupakan program pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, sehingga Dana Desa diprioritaskan pada BLT DD dan kesehatan, belum mengarah pada pembangunan fisik.

“Kita prioritaskan pada pemulihan ekonomi dan kesehatan diantaranya, permodalan klompok usaha, terus pemberdayaan, peningkatan kapasitas MUI, Satgas penangan Covid-19, kemudian desa digital dan pemutahiran data SDGS.

Taufik berharap, kepada warga masyarakat khusus Desa Bunisari dengan sudah disalurkannya bantuan Dana Desa dari pemerintah pusat, semoga masyarakat lebih paham menganai anggaran desa, terutama LKD yang ada di wilayah, bahwa di tahun anggaran 2021 tidak ada pembangunan, tetapi lebih ditekankan kepada pemulihan ekonomi, kesehatan dan penanganan Covid-19. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *