Bedah Sejarah Tokoh Pendidikan Raden Ajeo Lasminingrat, Oi Cikal Garut Hadirkan Keturunannya Menjadi Narasumber

SEPUTAR GARUT1,274 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Oi Cikal Garut, gelar silaturahmi dan bedah sejarah Raden Ajoe Lasminingrat bersama salah satu keturunannya, yang menjadi penulis Cerita Pendek, Oky Lasminingrat di Saung Baca Oi Cikal Garut, kampung Nangoh RT 05/02 Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, Minggu (04/04/2021).

Hadir dalam acara, kelompok Hitmasatya, Oi cikal Garut, Guru relawan, perwakilan pemerintahan Desa Panembong, Siswa-siswi sekolah dasar, dan orang tua siswa, berlangsung kondusif dengan terapkan protokol kesehatan.

Kegiatan silaturahmi dan bedah sejarah tokoh pejuang pendidikan Raden Ajoe Lasminingrat, oleh Oky Lasminingrat yang merupakan seorang penulis kumpulan Cerita pendek ”Three Colour”,
Antologi Puisi ”Suara-suara Hawa”,
Solidaritas Sastrawan dari Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia untuk Bencana Alam Gempa di Sumbar, Antologi Cerpen dan Essay ”Jejak Para Kaul 2” Penulis Penulis Serumpun Nusantara Empat Negara.

Oky Lasminingrat hadir sebagai tamu dan narasumber guna menggali sejarah tentang sosok Raden Ajoe Lasminingrat.
Selain Bunda Oky, siswa-siswi sekolah dasar pun ikut menghiasi rangkaian acara dengan menampilkan beberapa pertunjukan seni budaya seperti pertunjukan Kabaret Tarian Jaipong dan bernyanyi dan baca puisi.

Oky Lasminingrat dalam paparannya, membedah sejarah Raden Ajoe Lasminingrat salah satu tokoh sejarah pendidikan yang ada di Kabupaten Garut. Menurutnya, merupakan kesempatan untuk mensosialisasikan peran Raden Ajoe Lasminingrat, karena banyak masyarakat yang belum mengetahui sosok Raden Ajoe Lasminingrat.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, bisa menjadi kesempatan khusunya bagi saya untuk mensosialisasikan peran Raden Ajoe Lasminingrat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga, sambung Oky, lebih menambah spirit literasi dan lagi, Saung Baca Oi Cikal ini sangat erat kaitannya dengan semangat perjuangan Raden Ajoe Lasminingrat.

Sementara itu Ketua Oi Cikal Garut, Sansan Rohmana, sekaligus Ketua pelaksana acara menjelaskan, bahwa kegiatan silaturrahmi dan bedah sejarah ini sangat bisa membantu anak-anak bahkan orang dewasa di sekitar untuk mengenal pahlawan Garut terutama RA Lasminingrat juga sangat mendorong kreativitas anak-anak di situasi pandemi.

“Saya sangat berterimakasih kepada bunda Oky Lasminingrat dan kepada para pendorong kegiatan khususnya kepada Guru relawan bapak Sanusi S Kom, Himasatya, Kepala Desa Panembong pak Yanto Kriswanto, yang selama ini selalu memberikan bimbingan dan nasihat dengan sukarela,” papar Sansan.

Sansan juga berharap, kegiatan Saung Baca menjadi lebih baik dan terus menjadi motivasi anak-anak dan seluruh masyarakat. (F. Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *