Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut Terima Kunjungan Pengurus Nasional

HARIANGARUTNEWS.COM- Mempererat silaturahmi adalah salah satu perintah agama khususnya bagi umat Muslim diseluruh pelosok Negeri. Karena dengan Bersilaturahmi, banyak manfaat yang akan didapatkan. Seperti halnya Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Resor Garut yang mendapat kunjungan dari Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional, Resor Kota Bekasi dan Resor Sukabumi, Senin (08/03/3021) di Komplek Setda Kabupaten Garut.

Dikatakan perwakilan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional Bidang Kesekretariatan, H Jajang Zaenudin, kegiatan yang digelar tak lain merupakan media untuk meningkatkan kekompakan, soliditas dan kekeluargaan antar pengurus Pusat dan daerah.

“Iya, kami bersama Pengurus Bhayangkara Resor Kota Bekasi dan Sukabumi berkunjung ke Pokdarkamtibmas Resor Garut guna menjalin silaturahim. Dengan cara seperti ini seluruh anggota keluarga besar yang ada di Pokdarkamtibmas bisa memahami satu sama lain. Mudah-mudahan pertemuan ini kedepannya semakin kompak dan solid diantara pengurus Pokdarkamtibmas,” ujar Jajang Zaenudin kepada awak media.

Silaturahmi berlangsung di kantor Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, sebagai Dewan Pembina Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut.

Dijelaskannya, selain silaturahmi, Jajang juga menyinggung rencana Musyawarah Nasional (Munas) yang akan digelar pengurus nasional dan pengukuhan pengurus Pokdarkamtibmas di seluruh tingkat Pengda, Resor, Sektor dan Sub Sektor. Untuk itu, Dia mengharapkan kerja sama antar pengurus supaya bisa menghasilkan sesuatu yang optimal dan terbaik untuk NKRI.

“Setelah kita Pokdarkamtibmas Nasional dikukuhkan pada tahun 2020 yang lalu, tugas selanjutnya adalah membentuk Pokdar di semua tingkatan. Juga akan melakukan pembinaan, untuk membantu tugas Polri dalam menciptakan kamtibmas di wilayahnya,” tutup Jajang.

Pertemuan antar pengurus Pokdarkamtibmas berlangsung dalam suasana santai dan hangat.

Sementara, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut, Igie N Rukmana, menyambut baik silaturahmi yang dilakukan oleh pengurus Pokdarkamtibmas Nasional tersebut. Dia mengatakan dengan kegiatan seperti itu bisa menimbulkan ide-ide kreatif lainnya yang dapat membawa Pokdarkamtibmas lebih bermanfaat terhadap masyarakat.

“Meski tanpa direncanakan, saya sangat berterima kasih atas silaturahmi ini. Meskipun dalam suasana yang ringan, semoga dapat menambah nilai positif yang dapat diambil. Terkait kegiatan, di Kabupaten Garut Polri sangat terbantu dengan adanya Pokdarkamtibmas. Akhirnya, tidak semua permasalahan harus dibawa ke ranah hukum, kecuali memang kasus yang besar,” jelas Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut.

Igie menambahkan, pada dasarnya Polri mempunyai keterbatasan dalam menjaga Kamtibmas, dengan adanya Pokdar otomatis akan terbantu situasi harkmatibmas yang kondusif. Dan yang jelas, kata Igie, tidak semua kasus harus ditindaklanjuti, kalau memang bisa diselesaikan secara kekeluargaan kenapa tidak, tukasnya.

“Kecuali kasus-kasus besar seperti pembunuhan, perampokan dan narkoba kita pasti laporkan kepada pihak yang berwenang untuk di proses,” tegasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *