Matang di Organisasi, Tokoh Kharismatik Asal Leuwigoong Garut Ini Maju di Pilkades Margacinta

FOKUS1,642 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Garut akan berlangsung pada bulan Juni 2021 diikuti 217 desa se-Kabupaten Garut, sejumlah tokoh maupun incumbent diperkirakan akan meramaikan Pilkades Garut mendatang.

Salah satu tokoh kharismatik yang sudah tak asing adalah sosok Asep Lukman, S.Hi, pria asal Kampung Cikukuk RT01/01, Desa Margacinta Kecamatan Leuwigoong yang matang di berbagai organisasi ini akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa Margacinta Kecamatan Leuwigoong Tahun 2021.

Pencalonan Asep yang lulusan S1 IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dari Fakultas Syari’ah Jurusan Perdata-Pidana Islam ini bukan tidak beralasan, niat baik dorongan dan dukungan masyarakat serta para tokoh itulah yang menginspirasi tekad Dia maju untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Bakal Calon Kepala Desa Margacinta, Kecamatan Leuwigoong, Asep Lukman

“Diawali dengan niat baik, dorongan dan dukungan masyarakat serta para tokoh itulah yang menginspirasi saya maju mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa Margacinta Tahun 2021 untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucap Asep Lukman kepada hariangarutnews.com, Sabtu (06/03/2021) malam.

Membangun Desa, kata Asep, untuk saat ini lebih mudah dibandingkan dengan sebelum lahirnya Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, karena didalam undang-undang tersebut mengatur tentang Hak asal usul dan kewenangan Desa, artinya desa punya kewenangan penuh untuk mengatur rumah tangganya sendiri berdasarkan hak asal usul desa tersebut.

“Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) pernah mengatakan agar calon Kepala Desa mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) Desa saat menyusun visi dan misi. Insya Allah saya telah mempelajari kondisi objektif desa, masalah, potensi dan rekomendasi pembangunan desa, termasuk prioritas SDGs Desa Margacinta,” ujar mantan Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Garut ini.

Dengan pengalaman di berbagai organisasi, Asep optimis mampu membangun desa Margacinta.

Dikatakan Asluk, dirinya ingin mewujudkan desa Margacinta lebih maju, sejahtera, bermartabat, serta meningkatkan kemampuan kerohanian masyarakat Desa. Berbagai program sudah di persiapkan matang-matang demi majunya Desa Margacinta yang lebih baik lagi.

Sebagai kandidat calon Kepala Desa, Asep membawa Visi “Terwujudnya Masyarakat Desa Margacinta Yang Bertaqwa, Berbudaya, Bermartabat, Berprestasi, Maju dan Sejahtera (B4MS)”. Adapun Misinya yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan transparan, memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat Desa Margacinta secara komprehensif.

“Saya bertekad ingin memajukan Desa Margacinta ini dari berbagai program seperti Pendidikan, kesehatan, infrastuktur, memajukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan keagamaan. Dan semua ini akan bisa terwujud jika seluruh elemen yang ada bisa bersinergi dan bekerja sama, karena kita punya program dimana pembangunan di Desa Margacinta harus berjalan dan berkembang demi terciptanya kenyamanan dan kemajuan perekonomian,” ungkapnya.

Menurut Asep, kalau sebelumnya masyarakat pada umumnya konsumtif, kedepan akan kelola potensi yang ada sehingga masyarakat lebih produktif. Selain pembinaan beragam unit usaha yang potensial, serta upaya pembangunan infrastruktur yang baik. Demi perubahan Desa, Asep mengatakan, ingin menciptakan desa yang bermartabat, mandiri, dan beraklhlakul karimah, itu sangat penting, tandasnya.

“Inilah salah satu bentuk pengabdian saya kepada masyarakat bila terpilih nanti. Semoga niat baik saya ini di dengar dan dirasakan masyarakat, sehingga pada Pilkades yang akan dilaksanakan pada 8 Juni 2021 mendatang, saya dibantu dengan tulus oleh masyarakat dalam pemenangannya,” pungkasnya.

Berikut Data Asep Lukman yang akan maju dalam Pilkades Serentak Gelombang III Kabupaten Garut :

Nama Lengkap : Asep Lukman, S.Hi.
Tempat/Tanggal Lahir : Garut, 03 Juni 1973
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan Terakhir : S1 (IAIN “SGD” Bandung – Fak. Syari’ah – Jur. Perdata-Pidana Islam)
Alamat Rumah : Kp. Cikukuk RT 01 RW 01, Desa Margacinta Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut.

B. PENGALAMAN PENDIDIKAN :

1. SDN I Margacinta Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut. Berijazah pada tahun 1986.
2. SLTPN Limbangan Kabupaten Garut. Berijazah pada tahun 1989.
3. MAN I Kabupaten Garut. Berijazah pada tahun 1992.
4. Pada tahun 1992, melanjutkan studi di IAIN “SGD” Bandung, pada Fakultas Syari’ah, Jurusan Perdata-Pidana Islam (PPI). Berijazah pada tahun 1996.

C. PENDIDIKAN NON FORMAL :

Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Pondok Pesantren AD-DASUKIAH Ciseureuh Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut. Tahun 1986-1992.

D. PENGALAMAN ORGANISASI :

1. Ketua Umum FKMM Al-Istiqamah (Forum Komunikasi Muda-Mudi Muslim Al-Istiqamah) Desa Margacinta Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut Periode 1999-2001.
2. Ketua Bidang Organisasi FKPL (Forum Kepedulian Pemuda Leuwigoong) Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut Periode 1999-2001.
3. Ketua II Bidang Advokasi Ummat LSM “Muslim Kreatif” Kabupaten Garut Periode 2000-2003.
4. Anggota BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Margacinta Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut Periode 2003-2005.
5. Ketua Bidang Keorganisasian FK-BPD (Forum Komunikasi – Badan Perwakilan Desa) Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut Periode 2003-2005.
6. Koordinator II FKIA-BPD (Forum Komunikasi, Informasi dan Advokasi – Badan Perwakilan Desa) Kabupaten Garut Periode 2003-2005.
7. Wakil Sekretaris DPC P3S “Gagak Lumayung” Kabupaten Garut Periode 2002-2007.
8. Sekretaris Umum PK KNPI (Pengurus Kecamatan – Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kecamatan Leuwigoong Periode 1998-2002 & 2002-2005.
9. Ketua Karang Taruna Desa Sukabakti Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut Periode 2008-2010.
10. Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi HAPMI (Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia) Kabupaten Garut Periode 2007-2011.
11. Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia) Kabupaten Garut Periode 2008-2012.
12. Wakil Sekretaris DPD KNPI (Dewan Pengurus Daerah – Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Garut Periode 2009-2012 dan 2012-2015.
13. Ketua Umum Jaringan Masyarakat Peduli Demokrasi Jawa Barat (JMPD Jabar) DPD Kabupaten Garut Periode 2013-2016.
14. Bidang Komunikasi dan Informasi Dewan Pengurus Cabang – Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (DPC – IPPMI) Kabupaten Garut. Periode 2015-2018
15. Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut Masa Bakti 2015-2020.
16. Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut Masa Khidmat 2015-2020.
17. Wakil Ketua DPD KNPI (Dewan Pengurus Daerah – Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Garut Periode 2016-2019.
18. Pengurus Karang Taruna Kabupaten Garut Periode 2016-2021.

E. PENGALAMAN KERJA :

1. Wartawan, Redaktur Pelaksana (Redpel) dan Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Surat Kabar Umum (SKU) Garoet Pos Tahun 2005 – 2016.
2. Tenaga Pendamping Professional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementrian Desa, PDTT RI. Tahun 2016-Sekarang.

VISI :

“Terwujudnya Masyarakat Desa Margacinta yang Bertaqwa, Berbudaya, Bermartabat, Berprestasi, Maju dan Sejahtera (B4MS)”.

MISI :

1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan transparan.
2. Memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat Desa Margacinta secara komprehensif.
3. Meningkatkan dan melestarikan nilai nilai budaya Lokal
4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA).
5. Meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan Masyarakat Desa Margacinta.
6. Meningkatkan Kapasitas Kelompok Tani dalam rangka mendukung pembangunan di bidang pertanian.
7. Meningkatkan kesehatan masyarakat desa melalui kegiatan Desa Siaga.
8. Membangun Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) di Desa Margacinta untuk menumbuhkan syiar Islam, serta dukungan bantuan/Insentif Guru-guru Ngaji melalui Program Pemerintah.
9. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Margacinta melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).
10. Membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur, Keagamaan, Ekonomi, Pertanian, Pendidikan, Kesehatan, Olahraga dan Seni budaya di Desa Margacinta. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *