oleh

Percantik Sarana Olahraga, Kepala UPT di Garut Ini Kerap Rogoh Kocek Sendiri

HARIANGARUTNEWS.COM – Komitmen Kepala UPT SOR Kerkop, Endang Rustandi S IP, dalam menjaga kebersihan dan keindahan di wilayah kerjanya patut diacungi jempol. Hampir tiap hari, pria yang akrab dipanggil Endang Ilen tersebut keliling untuk memastikan tak ada satupun pengunjung yang membuang sampah atau merokok di lingkungan SOR Kerkop tersebut.

Seperti yang terlihat pada Jumat (05/03/2021), diantara para pengunjung yang sedang melakukan aktivitasnya, Endang tampak memungut satu persatu sampah yang ada di lintasan lari hingga ke lapangan sepakbola. Seakan tidak mengenal waktu libur, aktivitas seperti itu ia lakukan hampir setiap hari.

“Di samping syarat mewujudkan masyarakat yang sehat, kebersihan pula yang menjadi modal besar bagi Kabupaten Garut untuk mendukung sektor pariwisata. Kota yang bersih dan asri akan menjadi buah bibir bagi setiap tamu yang datang ke Garut,” ungkap Endang saat berbincang dengan para wartawan yang akan menggelar pertandingan persahabatan antara Jurnalis Garut FC vc Ciber FC, Jumat (05/03/2021).

Kepala UPT Kerkop, Endang Rustandi S IP, tak jarang mengeluarkan uang pribadi untuk melestarikan dan memanjakan pengunjung kawasan SOR Merdeka Kerkop.

Sejak Endang Rustandi menjabat Kepala UPT Kerkop pada setahun yang lalu, keinginannya hanya satu, bagaimana warga Garut bisa menikmati waktu senggang bersama keluarganya tanpa pergi jauh-jauh. Seperti dengan menikmati SOR Kerkop yang ada di daerahnya sendiri. Untuk itu dirinya terus berupaya menciptakan suasana SOR Kerkhof sebagai wahana tempat berolahraga dan rekreasi.

ASN yang diangkat pada 2004 lalu itu mengaku, tak jarang dirinya merogeh kocek sendiri guna memperbaiki dan merawat lokasi wilayah kerja yang memiliki lahan seluas 3,2 hektar tersebut. Dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa mencapai ratusan juta rupiah, sebenarnya Endang bisa saja mengajukan anggaran untuk alokasi pembenahan pasilitas di Kerkop.

“Kerkop adalah rumah kedua saya, tak jarang saya mengeluarkan uang pribadi untuk memperbaiki fasilitas yang ada seperti pengecetan pagar, tribun penonton, lapangan basket, hingga wahana wisata jembatan jodoh yang baru-baru ini selesai dibangun. Itu tak masalah, yang menjadi tugas berat adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, minimal untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Endang kepada awak media.

Lapangan Kerkop yang berada di Jalan Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul itu sudah berdiri sejak tahun 1923. Sebelumnya, kawasan itu merupakan kuburan untuk orang Kristen/Eropa yang berada di Dayeuhandap. Pada tahun 2003, Pemkab Garut mengubah nama Kerkhof menjadi Sarana Olahraga (SOR) Merdeka. Hingga saat ini, ratusan bahkan ribuan warga mengunjungi Kerkhof untuk berolahraga terutama saat akhir pekan. (Igie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru