Waspada Penipuan Minta Pulsa, Catut Nama Rudy Gunawan Bupati Garut

FOKUS975 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ramai jadi perbincangan publik, akun Facebook yang mengatasnamakan Rudy Gunawan (Bupati Garut) dipakai orang tak bertanggung jawab melakukan aksi penipuan meminta pulsa hingga ratusan ribu. Hal tersebut terjadi pada Jum’at (26/02/2021) pagi.

Adalah Nunung Rohmaidah, seorang yang berprofesi guru, warga Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong. Ia mengaku, berawal dari menerima pesan mesengger dari akun facebook atas nama Rudy Gunawan (Bupati Garut) dengan tampilan photo profil H Rudy Gunawan dengan pakaian PDUB.

“Awalnya saya merasa aneh, masa iya pak Bupati Rudy mesengger saya. Ia menanyakan kabar dan aktivitas saya. Saya pun sempat jawab mesengger bahkan memperlihatkan foto bersama pak Bupati waktu HJG di alun-alun. Alih-alih percakapan selanjutnya, pengguna akun minta lanjut di whatsapp,” ucap Nunung, Jum’at (26/02/2021) siang.

Dijelaskan Nunung, awalnya dia tak berfikir aneh-aneh, ia kasih nomor whatsapp miliknya. Namun, sambung ia, dari pengguna akun meminta kirim kode pengaman whatsapp, yang dikirimkan melalui sms.

“Setelah itu baru ada keanehan, di hp android saya, kok malah saya keluar Group semuanya. Saya tanya teman saya, malah tidak keluar, bahkan katanya malah kirim pesan dengan kata yang sama, yang bertuliskan “Di grup ini ada yg jualan pulsa mohon infonya segera”. Dan lagi malah ada siswa saya yang kontak saya, katanya saya minta dikirim pulsa Rp200 ribu, bahkan minta kembali Rp500 ribu, sedangkan saya tak bisa pakai nomor saya,” papar Nunung.

Nunung baru menyadari nomornya sudah diretas penipu yang berawal dari percakapan mesengger yang mengatasnamakan Rudy Gunawan Bupati Garut.

“Saya pesankan kepada semuanya, yang sekontak dengan saya, jangan pedulikan apabila ada pesan-pesan yang diterima. Karena ini sudah kejadian, siswa saya tertipu kirim pulsa sampai Rp200 ribu. Padahal itu bukan saya, karena nomor saya sudah dibajak,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *