Musrenbang Kecamatan Cisurupan, Fraksi PKB DPRD Garut : Kita Siap Prioritaskan Usulan Terutama Syiar Keagamaan

SEPUTAR GARUT873 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 tingkat Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, secara resmi digelar bertempat di GOR Bale Harepan, Desa Balewangi, Selasa (09/02/2021).

Pelaksanaan musrenbang tersebut menerapkan protokol kesehatan, dihadiri 5 anggota DPRD Kabupaten Garut Dapil 4, Camat Cisurupan, Odik Sodikin S Sos M Si, Kapolsek Iptu Iwan Soleh Pujiawan, Danramil 1115 Kapten Inf Iyus Rustandi, perwakilan Bappeda Garut, Dispora Garut, para UPT dari Puskesmas, Pertanian, PUPR, Dishub, Disperindag, Pendamping Desa dan PKH, TKSK, para kepala desa, MUI, BPD, tokoh agama Karang Taruna Kecamatan, KNPI dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Camat Cisurupan, Odik Sodikin, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait dan tamu undangan yang hadir walaupun dengan jumlah terbatas mengingat masih masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menampung aspirasi dan masukan-masukan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Garut yang sesuai misi kabupaten yaitu bertakwa maju dan sejahtera,” kata Odik.

Lebih lanjut Odik menyampaikan, sebelum diadakan musrenbang tingkat kecamatan, terlebih dahulu dengan mengadakan musrenbang tingkat desa. Dari sekian banyak usulan, kata Odik, dipilah mana yang menjadi prioritas itulah nanti yang dibawa pada musrenbang tingkat Kabupaten Garut.

“Saya berharap, dengan tema penguatan pelayanaan publik pemerataan pembangunan dan peningkatan daya saing untuk kesejahteraan masyarakat. Usulan-usulan dari para kepala desa hasil musrenbang tingkat desa harus selaras dengan tema Kabupaten Garut agar nantinya dapat terealisasikan di tahun 2022,” tandas Camat Cisurupan.

Sementara anggota DPRD Garut Fraksi PKB Dapil 4 yang juga selaku Ketua Komisi 1, H Subhan Fahmi, dalam sambutannya mengungkapkan, apa yang dipaparkan camat sudah jelas dan gamblang bahwa usulan harus selaras dengan tema dan misi Kabupaten Garut, yaitu “Bertakwa Maju dan Sejahtera”. Akan tetapi, sambung Fahmi, tentunya kapasitas fiskal Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan kemampuan keuangan daerah terbatas karena mengandalkan dana transfer Pemerintah Pusat.

“Tentu ini ada penilaian skala prioritas yang benar-benar memihak kepada masyarakat,” tutur Subhan.

Namun demikian, lanjut ia, pihaknya akan menyerahkan hasil musrenbang dan mengawal di musrenbang kabupaten, karena musrenbang kabupaten berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017.

“Kita akan melakukan penyelarasan dengan DPRD, usulan mana-mana saja yang masuk RKPD. Saya sebagai wakil rakyat dari Dapil 4 khususnya di Kecamatan Cisurupan, akan berjuang apalagi usulan terkait syiar keagamaan, karena basis saya juga, tentunya akan memprioritaskan banyak program untuk kecamatan di dapil empat,” pungkasnya.(Ricky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *