oleh

Musrenbang Tahun 2022 Kecamatan Bl Limbangan Garut, Bappeda : Unggulan Dinas pada Pemulihan Ekonomi Masyarakat

HARIANGARUTNEWS.COM – Gelar Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022 di tingkat kecamatan se-Kabupaten Garut masih berjalan. Hasil musrenbang tersebut nantinya menjadi bahan di musrenbang tingkat Kabupaten Garut. seperti halnya pelaksanaan yang dilaksanakan di Kecamatan Bl Limbangan, Senin (08/02/2021).

Hadir dalam acara, anggota DPRD Garut Dapil 2, Camat BL Limbangan Drs Heri Hermawan, Kapolsek Kompol H Uus Susilo, Danramil 1107 Kapten Inf H Saripin, perwakilan dari Bapeda Iman Purnama Ridho, para kepala desa, kepala UPT, ketua MUI dan tokoh masyarakat.

Camat Bl Limbangan, Drs Heri Hermawan, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa musrenbang kali ini dalam situasi pandemi Covid-19. Bahwa efek dari pandemi Corona sangat berimbas mendasar kepada sektor ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat.

“Pelaksanaan di musrenbang ini diarahkan kepada pemulihan ekonomi terutama yang ada di wilayah warga masyarakat Limbangan khususnya,” ucap Camat Heri.

Terkait usulan-usulan program, lanjut Camat Heri, ia berharap, harus ada keterkaitan dengan percepatan pemulihan ekonomi untuk warga masyarakat terutama dalam kesejahteraan yang otomatis ketika ekonomi baik, kesejahtraannya pun akan baik pula dan sangat berbanding lurus antara pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan saya mudah-mudahan ini usulan-usulanya bisa menggambarkan betul-betul aspirasi ataupun persentasi harapan warga masyarakat secara menyeluruh di kecamatan Balubur Limbangan,” harap Camat.

Sementara, Anggota DPRD Garut Fraksi PPP, Ade Husna, S Pd I, MM Pd, sampaikan apresiasi dan berharap usulan-usulan sesuai skala prioritas bisa terakomodir yang kemudian terealisasi seauai harapan dan terasa manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

“InsyaAllah data usulan dari tiap desa yang masuk ke musrenbang kecamatan ini, nanti ditingkat kabupaten seauai tugas dan fungsi kami, usulan ini akan kita kawal bersama rekan anggota dewan lainnya,” tandas Ade Husna.

Ade juga berharap, khusus di Garut Utara harus maju dan lebih baik lagi. Karena kata Ade, ini dengan adanya tiga pimpinan DPRD yang mewakili dari wilayah Garut Utara, yakni H Agus Hamdani dari Fraksi PPP, Romli dari Fraksi PKB dan Enan dari Fraksi Gerindra.

Ditempat yang sama, perwakilan Bappeda Garut, Iman Purnama Ridho, menyampaikan bahwa usulan dari desa untuk tahun 2022 yang sudah masuk Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sudah mencapai 337 usulan dan hampir 150 usulan sudah terverifikasi.

“Sekarang dalam proses dalam prioritas kecamatan, ini diusahakan sesuai tema pembangunan di tahun 2022, kaitan dengan pemulihan ekonomi, pembangunan infrastruktur serta kaitan dengan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Iman.

Untuk pemulihan ekonomi, lanjut Iman, ini diharapkan sesuai dengan program unggulan dinas atau penerjemahan penjabaran dari RPJMD, seperti pemulihan ekonomi ada padat karya di disnaker, UMKM di dinas koperasi dan ada juga kelompok usaha pemuda produktif di dispora serta Dinsos ada kaitan dengan bantuan keluarga miskin berbentuk KUBE, pungkasnya. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru