Hadapi Agenda Besar Pilkades Serentak, Bakesbangpol Garut Berikan Edukasi dan Sosialisasii Bela Negara

FOKUS1,107 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut, gelar peningkatan kapasitas bela negara bagi warga masyarakat Kecamatan Malangbong, di aula Suryayudha, Senin (01/02/2021). Acara tersebut mengambil tema, “Mari Wujudkan Masyarakat Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera”.

Hadir dalam acara, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Garut, Nurdiaman S IP MM, mewakili Camat, Sekmat Malangbong Muhamad Badar Hamid, S STP, Kapolsek AKP Abusono SH, mewakili Danramil, Perda Didik, para Kepala Desa dan Sekretaris Desa, tokoh agama dan masyarakat.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Garut, Nurdiaman SIP MM, usai acara mengatakan, acara tersebut merupakan program kegiatan Kesbangpol diawal tahun 2021, kendati pun acara sangat terbatas karena masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga acara pun disesuaikan dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami pun tidak henti-hentinya untuk mengajak kepada seluruh warga masyarakat, agar senantiasa turut andil mendukung seluruh program pemerintah karena sesuai dengan judul kegiatan ini adalah kapasitas bela negara dan sejauh mana masyarakat itu punya rasa cinta kepada tanah air dan ingin ikut untuk bela negara dengan keadaan situasi seperti saat ini,” tutur Nurdiaman.

Dalam kesempatan acara tersebut juga, Nurdiaman memaparkan yang terdahulu dikenal dengan P4. Sekarang, sambung ia, ada Permendagri nomor 29 tahun 2011, yakni terkait revitalisasi dengan nilai-nilai Pancasila dan itu yang hari ini.

“Saat ini ada masyarakat yang terganggu dengan keadaan yang terjadi sekarang ini, sehingga lupa dengan jati dirinya. Termasuk bagaimana beretika dan bermasyarakat yang baik, apalagi berbangsa dan bernegara yang baik,” papar Nurdiaman.

Ia berharap, apa yang disampaikannya tentu dengan menghadirkan perwakilan dari tokoh bisa sampai kepada warga masyarakat. Artinya, dari satu orang bisa menyebar luaskan, sehingga pesan arahan dari Kesbangpol, sampai keribuan orang walaupun melalui perwakilan.

Sementara, Sekmat Malangbong Muhamad Badar Hamid, sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Terkait kegiatan peningkatan kapasitas, kata dia, ini merupakan program kegiatan pemerintah melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Garut.

“Pihak kecamatan, menyambut dengan baik, apalagi berkaitan dengan isu-isu strategis dan kedepan akan menjadi agenda kecamatan. Karena kedepan Kecamatan Malangbong akan melaksanakan Pikades serentak tahun ini di 13 desa,” papar Sekmat.

Hal lainnya tambah dia, dengan kegiatan tersebut, Sekmat berharap terbentuknya sinergitas kerjasama pemerintah dengan masyarakat, salah satunya suksesi kepatuhan protokol kesehatan Covid-19, menghadapi pelaksanaan vaksinasi, dan agenda besar Pilkades serentak 2021.

“Kami harapkan mudah-mudahan yang hadir dari perwakilan tokoh masyarakat bisa menjadi agen untuk penyebaran informasi yang mereka dapat pada kgiatan ini, disampaikan kepada masyarakat sehingga dampaknya bisa lebih optimal,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *