Launching Vaksinasi Akan Digelar di Gedung Pendopo, Kabid Kesmas Dinkes Garut : Vaksin Melindungi Diri Vaksin Melindungi Negeri

FOKUS906 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Usai mempersiapkan segala sesuatunya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melaksanakan Launching Vaksinasi di gedung Pendopo pada Senin 1 Pebruari 2020. Setelah Launching yang diawali dengan target 12 orang pertama diberikan vaksin, maka selanjutnya secara serentak seluruh Puskesmas di kabupaten Garut melaksanakan Vaksinasi bagi tenaga kesehatan.

Dikatakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Garut, dr Tri Cahyo Nugroho, Launching Vaksinasi di kabupaten Garut akan diawali dengan memberikan vaksin pada target 12 orang pertama yang terdiri dari unsur Forkopimda, perwakilan pengusaha dan perwakilan masyarakat sebagai influencer agar diharapkan menjadi contoh bagi kesuksesan vaksinasi covid-19 di masyarakat. karena dengan vaksin bisa melindungi diri dan melindungi negeri.

“Setelah 12 orang pertama diberikan vaksin pada acara Launching, maka secara serentak dihari besok juga seluruh Puskesmas melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan yang berada di unit kerjanya masing-masing secara bertahap, “ ujar dr Tri saat sedang melakukan persiapan di gedung Pendopo, Minggu (31/01).

Lanjut dikatakan dr Tri, pada acara Launching Vaksinasi besok, akan dihadiri oleh unsur Forkompimda dan orang yang sudah terdaftar untuk di vaksin yang ditargetkan 12 orang.

“Proses vaksinasi harus sesuai prosedur, jadi setiap orang atau peserta yang akan diberikan vaksin harus melewati beberapa tahapan. Misalnya tahap pertama dilakukan pendaftaran dan verifikasi data, yang kedua adalah tahap skrining atau pemeriksaan kondisi fisik dan identifikasi kondisi penyerta (komorbid) termasuk pemberian informasi singkat tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), yang ketiga baru penyuntikan vaksin, dan yang keempat adalah peserta dipersilahkan untuk istirahat (menunggu 30 menit) sebagai antisipasi  jika terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), “ papar dr Tri.

KIPI atau  Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, imbuhnya, bisa diartikan sebagai setiap kejadian medis yang tidak diinginkan yang terjadi setelah pemberian imunisasi. Dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin. (Husni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *