Bupati Garut Terima Kunjungan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI Fraksi Gerindra

FOKUS942 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSPA) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Gerindra, Dr H Fadli Zon, SS M Sc, didampingi anggota BKSPA DPR RI, Hj Himmatul Aliyah, S Sos M Si, Fadhululloh SE, dan R Wulansari, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut. Kunjungan Fadli Zon selaku BKSPA dan anggota langsung diterima Bupati Garut H Rudy Gunawan dan Wakil Ketua DPRD Garut dari Fraksi Gerindra, Enan, pada Kamis (21/01/2021) di Gedung Pamengkang.

Usai bertemu Bupati Garut, Fadli Zon mengatakan, kunjungan BKSPA DPR RI tersebut dalam rangka sosialisasi diplomasi parlemen dengan tema ”Diplomasi Parlemen DPR RI Di Masa Pandemi Covid-19. Hal ini, sambung Fadli, untuk menjelaskan apa tugas-tugas diplomasi parlemen dan tentu ini bagian dari tugas yang menyatu dengan tugas DPR.

“Selain tugas legislasi membuat undang-undang, tugas budgeting, membuat anggaran bersama pemerintah, anggaran APBN juga tugas pengawasan,” tuturnya, di halaman Gedung Pamengkang Garut.

Dijelaskan Fadli Zon, ada tugas juga namanya diplomasi parlemen atau parliamentary diplomacy dengan negara-negara yang menjadi sahabat kita secara bilateral kemudian di tingkat regional di Asia, Asia Pasifik, ASEAN, juga secara internasional di inter parliamentary union, review dan di berbagai negara lain.

“Kita berharap dengan ke daerah begitu juga dengan keperguruan tinggi bisa nanti ikut membawakan aspirasi dan menjembatani dengan pihak-pihak lain di luar negeri. Kita membahas secara umum, tugas-tugas itu termasuk bagaimana potensi Garut ke depan dan juga mungkin kerja sama. Tadi ada beberapa perguruan tinggi yang bisa kita fasilitasi atau kita jembatani dengan perguruan-perguruan lain di luar negeri atau termasuk dengan teman-teman yang ada di DPR yang kebetulan ada dari komisi X, komisi VII, komisi I, jadi program-program apa yang bisa disambungkan nantinya,” paparnya.

Terpisah, anggota BKSPA yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Dapil Jabar XI, R Wulansari, menyebutkan bahwa banyak potensi Garut yang sudah berskala nasional bahkan internasional, salah satunya di sektor pariwisata dan kuliner.

“Saya pernah melihat ada baso aci produk Garut di makan orang Korea. Tentunya ini patut diapresiasi dan dikembangkan sebagai potensi Kabupaten Garut,” kata R Wulansari.

Terpisah, Bupati Garut H Rudy Gunawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKSAP DPR RI yang telah berkunjung ke Kabupaten Garut. Tentunya Pemerintah Kabupaten Garut, kata Rudy, berharap kunjungan ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Kabupaten Garut.

”Terima kasih dan selamat Datang di kabupaten Garut, mohon maaf apabila dalam penerimaannya melalui mekanisme pembatasan karena saat ini sedang dalam situasi PSBB bagi wilayah Garut Kota dan 26 kecamatan lainnya,” kata Bupati Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *