Terobosan Baru Camat Pasirwangi Garut, Kembangkan Aplikasi Pusat Data Berbasis Online

SEPUTAR GARUT1,515 views

HARIANGRUTNEWS.COM – Terobosan terbaru Camat Pasirwangi, Kabupaten Garut, Saepul Hidayat, S STP M Si, M Ak, ciptakan aplikasi pusat informasi data “SKY WORK PASIRWANGI” (https://gis-pasirwangi.simda.net/portal). Camat menyebutkan, hal ini untuk memudahkan masyaraktnya mencari kebutuhan data di Kecamatan Pasirwangi.

“Jadi, kekurangan Kecamatan Pasirwangi selama ini memang adalah basis data yang betul-betul aktual dan update, makanya kehadiran GIS ini, dapat menjadikan sumber data yang betul-betul update dan berbasis kepada data geografik informasi sistem,” ujar Saepul, diruang kerjanya, Kamis (14/01/2021).

Camat Pasirwangi saat tunjukan ruang operator sistem GIS

Data geografis itu, lanjut Saepul, berbasis data kepada peta sehingga dapat diketahui titik koordinat dari masing-masing posisi. Ia pun menjelaskan, bahwa data apa saja, semua data bisa disajikan diaplikasi, mulai data pembangunan jalan, drainase, jembatan, gedung, data para KPM penerima PKH dan lain sebagainya.

“Sementara ini kita melakukan updating data secara bertahap, mudah-mudahan seiring waktu, data itu bisa tersaji dengan baik,” beber Camat Saepul.

Ia mengaku, diawali dengan ide pemikirannya, kemudian dikomunikasikan dengan tim ahli sistem Informasi Teknologi (IT) dan kebetulan banyak rekannya yang berkecimpung dalam dunia IT, yang kemudian ia berdiskusi dan mengembangkan aplikasi GIS di Kecamatan Pasirwangi.

“Ada Pasirwangi Mart untuk prodak orang-orang Pasirwangi, bisa dijual dionline sudah ada aplikasinya, insyaAlah akan terus kami updet agar semakin canggih dan berkembang,” pungkas Camat. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *