Di Wanaraja Garut, Ikatan Remaja Masjid Darul Fikri Gelar Khitanan Massal

SEPUTAR GARUT1,124 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ikatan Remaja Masjid Darul Fikri, Kampung Tipar, Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, menggelar khitanan massal pada Minggu (27/12/2020). Ketua Remaja Masjid, Miskun, menyebutkan, khitanan massal dilakukan sebagai salah satu bentuk syukur dalam mengisi selesainya masa ujian sekolah serta mengisi masa luang di masa pendemi Covid-19.

“Disamping khitanan masal dan santunan, kegiatan remaja masjid Darul Fikri Kampung Tipar juga akan menggelar tablik akbar minggu depan,” ucap Miskun.

Menurutnya, kegiatan khitanan massal itu sudah rutin diadakan setiap tahunnya, bahkan kami sudah tiga kali melaksanakan kegiatan khitanan massal. Pihaknya bersama generasi pemuda lainya yang tergabung dalam ikatan remaja masjid Darul Fikri berniat dan bertekad mempertahankan tradisi ini.

“Ini mempunyai nilai sosial kemanusiaan yang tinggi, bisa membantu warga yang berniat untuk mengkhitan putranya apalagi sekarang di masa pendemi ” ujarnya.

Ia mengaku bersyukur atas respon masyarakat yang sangat positif dan selalu mendukung atas kegiatan, bahkan terbukti dengan begitu banyak warga yang daftar dan ingin mengikuti khitanan massal bahkan bukan hanya masyarakat Kampung Tipar saja tapi ada dari kampung lain seperti dari Kampung Kudang dan juga dari Kampung Babakan.

“Mungkin situasinya sedang pandemi. Saya dan rekan merasa senang melihat antusias masyarakat,” kata Miskun.

Miskun menjelaskan, dalam kegiatan khitanan massal tersebut, ada 11 anak yang mendafrar untuk di sunat. Peserta, sambung ia, diberikan tumpeng, kue, pakaian koko, juga uang tunai sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta.

Hal ini juga, tambah Miskun, terlaksana berkat kerja sama yang baik antara remaja Masjid Darul Fikri, Pemerintah Desa setempat, donatur, pemuka agama, komunitas serta warga masyarakat.

“Sementara Camat Wanaraja Mia Herlina S STP, M Si, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, walaupun di masa pendemi bisa melaksanakan kegiatan khitanan masal dan santunan.

“Harus dipertahankan dan dilaksanakan tradisi ini tiap tahun. Kepada warga masyarak sekitar untuk selalu menjaga kesehatan jaga kebersihan serta laksanakan 3M karena situasi masih dimasa pandemi Covid-19,” pesan Mia.

Hadir dalam kegiatan, unsur Forkopimcam Wanaraja, Ketua BPD Desa Wanajaya, tokoh agama, keluarga atau orang tua anak yang dikhitan dan juga warga masyarakat sekitar. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *