TK An Najmutsaqib Bayongbong Garut Sampaikan Apresiasi Atas Program Pengabdian Masyarakat dari Dosen ITB

SEPUTAR GARUT1,418 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Melalui Video Conference, Institute Teknologi Bandung (ITB) gelar penyuluhan dalam program pengabdian kepada masyarakat dengan tema peningkatan fasilitas pendidikan usia dini dan penyeluhan food chemistry bagi orang tua siswa di Taman Kanak Kanak (TK) An-Najmutsaqib, Kampung Cioyod, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, pada Sabtu (28/11/2020).

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan gizi anak guna menyiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Narasumber saat Video Conference penyuluhan disampaikan oleh Prof. Dr. Euis holisotan Hakim, Dr. Lia Dewi Juliwaty, Dr. Zetryana Puteri dan Rizki Fitriyani.

Salah satu orang tua siswa yang mengikuti penyuluhan, Erni Herawati, usai acara menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diterima lembaga pendidikan yang dikelolanya, karena kata Isna, ini menambah juga kreatifitas anak,.

“Jadi awalnya kan tidak ada separitas ini gitu ya, jadi sekarang mereka bisa merasakan cukup memadai,” ujar Erni.

Dan pihak orangtua siswa, lanjut Erni, sangat mendorong terhadap kelancaran PKBM dan mendukung. Karena, sambung ia, adanya KBM di TK tersebut sudah ada sejak lama, yang mana ini membantu anak-anak generasi ke jenjang selanjutnya. Masyarakat sangat aware, kepeduliannya sangat besar untuk mendorong.

“Sekarang kan kalau mau ke SD harus ada dasar dulu dari TK, jadi kalau misalkan tidak ke TK dulu, nah biasanya terhambat juga nanti di jenjang SD,” jelasnya.

Erni pun bersykur, masyarakat setempat memahami dan mendukung tentang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di TK dengan baik, bahkan jauh dari beberapa tahun kebelakang. Erni mengaku, saat ini perlu intens membimbing anak-anak, yang mana sesekali terbentur kemalasan belajar. Apalagi kata Erni, dalam situasi pandemi yang menggunakan pola belajar Dalam Jaringan (Daring).

“Mudah mudahan Covid-19 segera berlalu dan kita bisa normal lagi agar para guru bisa maksimal dalam mengajar,” harapnya.

Sementara Kepala Sekolah TK An Najmutsaqib, Isna Kamilah, S Pd, didampingi Wakil Kepala, Dalfha laila, A Md, serta guru/staf pengajar lainnya, menuturkan, bahwa kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2020.

“Alhamdulillah TK An Najmutsaqib mendapatkan bantuan hibah dalam bentuk sarana prasarana pendidikan dari kepengurusan LPPM dosen ITB yang kebetulan sekali putra daerah, yang membawa misi dan program untuk khusus mengembangan tentang pendidikan,” papar Isna.

Kepala TK dan Pengajar An Najmutsaqib Mekarjaya Bayongbong

Pengabdian lainnya dari ITB, lanjut Isna, ingin adanya pelatihan atau seminar kepada ibu-ibu khususnya orang tua, yang sebetulnya ingin semua masyarakat umum, tapi karena kendala sedang pandemi, sementara hanya meminta untuk keluarga besar dan orangtua TK An Najmutsaqib saja.

“Misi-nya sebenarnya untuk umum di Kampung Cioyod, karena terbentur dengan pandemi sekarang jadi mereka memintanya sebatas ini saja. Mudah-mudahan kedepan nanti bisa dilaksanakan,” aku Isna.

Kemudian, sambung Isna, dari putra daerah ini ada misi juga ingin membantu dari segi fisik bangunan dan semoga bisa terealisasi. Karena lanjut Isna, pihak dari ITB yang kebetulan putra daerah ini tertarik dengan pendidikan anak usia dini.

“Mereka berharap fokusnya untuk pengabdian itu khususnya untuk pendidikan usia dini ini, bisa membantu pertumbuhan, perkembangan kemajuan daripada lembaga yang mereka bantu. Saya sangat berterimakasih sekali kepada beliau-beliau yang telah membantu kami disini,” ungkapnya.

Masih kata Isna, saat ini dan sampai hari ini pihaknya juga merasa lebih percaya diri untuk mengembangkan dan memajukan lagi lembaganya, agar kedepan sesuai dengan visi misi, meningkatkan generasi muda yang cerdas, bertakwa, sholeh dan sholehah itu benar-benar terealisasi dengan adanya fasilitas ini yang memotivasi para guru juga agar anak-anak lebih semangat lagi untuk belajar dan bermain di TK An Najmutsaqib. Ia pun tentunya berharap dukungan dari pada orangtua siswa kepada para pengajar, supaya KBM kedepan bisa lebih optimal.

Saat penyuluhan melalui video conference

Dari keterangan Isna, TK An Najmutsaqib dirintis tahun 1999 dan mempunyai legalitas resmi tahun 2012. Bentuk perhatian pemerintah juga, walaupun masih terbatas, namun sudah cukup membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *