Di Sukamenteri Garut Kota, Banyak yang Data dan Foto Rumahnya Tapi Bantuan Rutilahu Tak Kunjung Datang

FOKUS2,829 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kandi (65) Warga Kampung Jangkurang, RT 04/12, Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, mengaku jenuh dengan pihak petugas yang melakuakan pendataan dan juga memfoto rumahnya. Pasalnya, sudah beberapa kali rumahnya difoto termasuk pendataan keluarga, namun sampai saat ini bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tak kunjung ada realisasi.

“Sabaraha kali ngadata, lain kali deui puluhan kali ti jaman baheula, imah geus butut pisan, can aya caritana (beberapa kali mendata, puluhan kali dari dulu, belum ada ceritanya seperti apa),” ucap Nani, didampingi suaminya Kandi, saat ditemui dirumahnya, Selasa (10/11/2020).

Nani menjelaskan, rumah yang dihuninya berukuran kurang lebih 20 meter tersebut sudah sangat rapuh, karena ia tak mampu memerbaikinya. Sedangkan kata Nani, jumlah yang tinggal ada 7 jiwa dari tiga kepala keluarga.

“Diluhur tos ditunjel da sieun runtuh (atap rumah ditopang sementara, karena takut ambruk),” ucap Nani, dengan wajah sendu.

Kandi dan Nani saat ditemui di rumahnya

Nani dan suaminya tak mampu lagi memperbaiki rumahnya karena alasan kemampuan ekonomi, suaminya Kandi, yang sudah sakit-sakitan tak mampu lagi bekerja, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup, Nani terpaksa bekerja serabutan, terkadang buruh tani, itu pun kalau ada yang membutuhkan tenaganya.

“Abdi mah kahoyong, pami pamarentah merhatoskeun ka rahayatna, ulah ukur aya nu datang moto bumi wungkul tapi teu puguh bejana (Saya ingin, kalau pemerintah memperhatikan rakyatnya, jangan cuma ada yang foto rumah, tapi tak ada cerita lagi kedepannya),” (Han-Ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *