Bupati Garut Serahkan Ambulance untuk RSUD dan 16 Puskesmas

FOKUS994 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam apel pagi gabungan dilapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (02/10/2020), Bupati Garut H Rudy Gunawan, serahkan 16 unit ambulance untuk Puskemmas dan 6 unit ambulance gawat darurat untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut.

“Khusus mengenai Covid-19, kita membagikan dan dari DID (Dana Insentif Daerah) hari ini kita bagikan 16 ambulance dan satu ambulance komando yang double gardan,” ujar Rudy, dalam sambutannya, Senin (02/10/2020).

Unit ambulance

Rudy menjelaskan, ambulance tersebut diberikan kepada masing-masing puskesmas yang mobilnya dibawah 2010, sesuai batasan parameternya. Selain itu, sambung Rudy, ambulance juga diberikan kepada. RSUD dr Slamet lengkap dengan peralatannya termasuk alat pemicu jantung dan instalator untuk pernafasan darurat yakni ventilator.

Saat tinjau unit ambulance

Terpisah, Direktur RSUD dr Slamet, dr Husodo Dewo Adi, Sp OT, usai mendampingi bupati saat peninjauan unit ambulance mengatakan, dengan unit ambulance yang disediakan, ini diharapkan bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat.

Husodo menambahkan, untuk pasien yang menggunakan ambulance, kalau untuk peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), biaya ditanggung sama BPJS. Namun, untuk pasien umum ada biaya yang dileluarkan.

“Namun kita pun akan pilah-pilih melakukan kebijaksanaan, kalau ada pasien benar-benar tidak mampu, tidak punya BJPS, kita akan bantu istilahnya taksi gratis,” paparnya.

Mekanismenya, tambah Husodo, pihak RSUD akan membuat instalasi khusus ambulance tersebut dan dibuat pengumuman tiap ruangan untuk memudahkan pasien apabila memerlukan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *