Kartun Nabi Muhammad SAW, Ust Toriq Hidayat, Lc : Kebebasan Berekspresi Tidak Memberikan Izin untuk Melukai Perasaan Orang Lain

TOKOH DAN OPINI1,077 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kegaduhan akibat pernyataan Presiden Perancis,  Emmanuel Macron, terkait ekstremisme Islam telah menuai reaksi keras dari berbagai negara, terutama negara mayoritas Islam. Macron dianggap telah menghina Islam dan membela penerbitan kartun Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan Ust Toriq Hidayat Lc, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), yang ada di DPR RI sangat mengecam pernyataan Presiden Perancis tersebut. Kecaman dalam bentuk surat resmi protes telah dilayangkan kepada Presiden Perancis atas pernyataannya yang kontroversial dan mendukung penerbitan kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW.

“Karikatur itu telah melukai hati miliaran muslim di seluruh dunia, tindakan seperti itu tidak boleh diulangi dan mereka yang ada dibelakangnya harus bertanggungjawab. Kebebasan berekspresi tidak memberikan izin kepada siapapun untuk melukai perasaan orang lain, “ tegas Ust Toriq, saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (30/10).

Lanjut dikatakan Ust Toriq, surat resmi atas protesnya dari Fraksi PKS terhadap Presiden Perancis dilayangkan melalui Duta Besarnya yang ada di Jakarta. Dan akan sangat mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Kemenlu RI untuk memanggil Duta Besar Perancis.

“Kita selaku umat muslim yang berada di negara yang penduduknya mayoritas umat muslim, sudah menjadi kewajiban untuk ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia, “ ujarnya.

Karena pernyataan Presiden Perancis, imbuhnya lagi, bisa menggangu perdamaian dunia. Karena mencerminkan kebebasan berekspresi yang tidak bertanggungjawab. Kebebasan berekspresi yang menghina keyakinan orang lain itu dapat membuat kegaduhan dan jauh dari perdamaian. (Husni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *