Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu Bantu Evakuasi Mayat, Ini yang Dikatakan Kapolres Garut

HALO POLISI714 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jajaran Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Cibatu Resor Garut mengamankan lokasi dan ikut membantu evakuasi penumuan mayat tanpa identitas di Sungai Cimanuk, Kampung Serang RT03/03, Desa Sukamerang, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Senin (12/10/2020).

Disampaikan Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, Dedi Supriyadi, korban saat ditemukan dalam kondisi mengapung dan sudah mengeluarkan bau tidak sedap, ini diperkirakan korban sudah lebih dari satu hari meninggal dunia, hal ini membuat akses evakuasi sulit dilakukan.

Anggota Pokdarkamtibmas menunjukan lokasi mayat kepada anggota Reskrim Polsek Cibatu di sungai Cimanuk.

 

Dodi menyebutkan, awalnya informasi tersebut diterima melalui Handy Talky (HT) dari anggota Pokdarkamtibmas Sub Sektor bahwa ditemukan sesosok mayat laki-laki di aliran sungai Cimanuk.

“Selanjutnya kami menghubungi anggota Pokdarkamtibmas untuk langsung mendatangi, mengamankan TKP serta berkoordinasi dengan Polsek Cibatu dan Koramil 1105 Cibatu terkait di lapangan dalam upaya evakuasi mayat tidak dikenal tersebut,” ujar Dodi.

Ia menambahkan, setelah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, mayat tersebut dievakuasi dari sungai Cimanuk menuju ambulan oleh jajaran Pokdarkamtibmas bersama warga dan ikut langsung mengawal hingga ke rumah sakit RSUD dr Slamet Garut. Hal ini dilakukan, kata Dedi, dalam rangka memberikan dukungan kepada petugas Kepolisian dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Dibantu anggota Pokdarkamtibmas dan warga, TNI/Polri mengevakuasi mayat yang mengapung di aliran Sungai Cimanuk.

“Kehadiran Pokdarkamtibmas sebagai mitra Polri dalam implementasinya harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” pungkas Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu.

Terpisah, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah SIK MIK mengapresiasi eksistensi Pokdarkamtibmas yang dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.

“Untuk dipedomani dan dilaksanakan, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan, sebagai landasan moril dalam mengemban amanah yang luhur dan mulia. Jaga kehormatan Pokdarkamtibmas sebagai Mitra Polri dengan berpegang teguh pada kode etik dan Skep Kapolri, serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab,” tegas Kapolres Garut. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *