Membangun Jurnalis Kreatif dan Profesional, Media Harian Garut News Gelar Pelatihan Dasar

FOKUS1,382 views

HARIANGARUTNEWS. COM – Di era globalisasi semakin besar, tuntutan masyarakat terhadap situasi terkini seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, penyebaran informasi bisa dilakukan semua orang dengan cara apa saja. Masyarakat sebagai konsumen media sekarang bisa sebagai penyampai berita menggunakan perangkat elektronik yang ada layaknya seorang jurnalis.

Namun seorang jurnalis atau wartawan yang handal, profesional dan akuntabel, dituntut harus mampu menguasai nilai-nilai dan kode etik jurnalistik dalam mengungkap suatu kebenaran akan suatu permasalahan, nilai keilmiahan dan juga seni fotografi. Sehingga seorang jurnalis atau wartawan, juga dituntut kritis dalam menghadapi segala macam persoalan yang ada.

Ucapan terima kasih dari Pimpinan Umum Harian Garut News kepada narasumber

Untuk pencapaian tersebut, para Pimpinan Harian Garut News menggelar acara pelatihan dasar jurnalistik untuk para awak medianya, di Hotel Redante, Rabu (30/9/2020). Output dari kegiatan diharapkan mampu melahirkan wartawan yang kritis dan dapat menggali potensi-potensi yang dimiliki sesuai dengan tema “Membangun Jurnalis Kreatif dan Profesional untuk Informasi yang Mencerdaskan”.

Tak hanya itu, pada sisi management pun, para awak media diberikan pembekalan bagaimana cara pengembangan perusahan pers, sehingga targetnya kedepan adalah adanya Sumber Daya Manusia (SDM) jurnalis handal yang akan mendorong kemajuan industri media.

Plh Kassubag Humas Polres Garut, H Ipda Muslih Hidayat, SH

Hadir dalam acara, Pimpinan Umum Harian Garut News, Tata E Ansorie, S Kom, Pimpinan Redaksi, Igie N Rukmana, S Kom, dan Pimpinan Perusahaan Husni Dinika, Kassubag Humas Polres Garut, H Ipda Muslih Hidayat, SH, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut yang diwakili oleh Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik, Yanyan Agus Supianto, redaktur, para wartawan, bagian sirkulasi, marketing dan staf redaksi.

Panitia penyelenggara juga menghadirkan beberapa narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, diantaranya H Rd Aas Kosasih, S Ag M Si, mantan anggota DPRD Garut yang sekarang menjabat Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, dengan paparan materi “Membangun Semangat Etos Kerja”.

H. Rd. Aas Kosasih, saat pemaparan materi pelatihan

Selanjutnya, materi inti dari wartawan senior Garut yang saat ini menjabat pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bidang Pendidikan, juga kerap menjadi penguji pada uji kompetensi wartawan, H Drs Wawan DJuharna, dengan paparan materi pengetahuan dasar-dasar jurnalistik, diantaranya dasar 5W+1 H, payung hukum Undang Undang Pers nompr 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalis.

Drs. H. Wawan Djuharna, narasumber dari pengurus PWI Pusat

Pada materi ketiga, diisi oleh Officer PKU dan JML PNM cabang Garut, Billy Nur Akbar Paramita, yang memaparkan peluang bisnis pada media dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ini diharapkan para awak media di Harian Garut News bisa memanfaatkan dan mengembangkan peluang bisnis dalam sisi managemen perusahaan media.

Billy Nur Akbar Paramita dari PNM cabang Garut, saat paparan materi

Pada kegiatan akhir para pimpinan Harian Garut News, menggelar rapat internal dengan jajaran redaksi dan wartawan serta penyerahan sertipikat pelatihan kepada seluruh peserta. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *