Mahasiswa UNPAD dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kunjungi Kantor Redaksi Harian Garut News

FOKUS902 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung berkunjung ke kantor redaksi Harian Garut News di Komplek Villa Lembah Asri Blok C No. 17, Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (18/09).

Diterima langsung oleh Pimpinan Umum (Pimum) Tata E Ansorie, Pemimpin Redaksi (Pemred) Igie N. Rukmana, dan Pimpinan Perusahaan (Pimprus) Harian Garut News, Husni Dinika, mereka melakukan wawancara dalam memenuhi tugas materi kuliah kegiatan penelitian wawancara secara online/daring pada Harian Garut News untuk keperluan menyelesaikan tugas akhir penulisan skripsi dalam bidang strategi Komunikasi Politik Rudy Gunawan – Helmi Budiman dalam memenangkan Kepala Daerah Kabupaten Garut Tahun 2018.

Dengan rekomendasi dan surat tugas dari Wakil Dekan, mahasiswa Universitas Padjadjaran Tingkat V Semester IX, Widhi Setiana Nugraha, ini diberi tugas melakukan wawancara kepada media online dan cetak Harian Garut News. Selain itu, Widhi menuturkan ingin mengetahui minat pembaca media di Kabupaten Garut.

“Selain mendapat tugas akhir dari kampus terkait penulisan skripsi dalam bidang strategi Komunikasi Politik Rudy Gunawan – Helmi Budiman dalam memenangkan Kepala Daerah Kabupaten Garut Tahun 2018, kami juga ingin mengetahui dapur Harian Garut News dan berapa jumlah pembaca tiap harinya, karena yang kami tahu media ini merupakan salah satu media online yang cukup dikenal di Kabupaten Garut,” tutur Widhi.

Ia menambahkan, Harian Garut News sangat tepat menjadi rujukan mahasiswa untuk belajar. Sebagai media lokal, Harian Garut News memuat paling banyak berita seputar Garut serta berbagai informasi terkait politik birokrasi di Kabupaten Garut, cetusnya.

Selain Widhi, pada kesempatan yang sama, kantor redaksi Harian Garut News juga menerima kunjungan mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Siti Handah Sania. Mahasiswi semester VII Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini mengatakan, dengan mengikuti magang dirinya ingin menambah wawasan tentang mekanisme pengangkatan berita khususnya di media Harian Garut News.

“Ingin belajar banyak tentang dunia Jurnalistik sesuai dengan background saya dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran, sekaligus untuk memenuhi standart mata kuliah dalam hal sistem manajemen dakwah. Kami percaya, Harian Garut News dikelola secara profesional, produk yang diterbitkan bisa dipertanggungjawabkan melalui undang undang pers, bukan sekadar postingan atau sekadar informasi yang tidak ada konfrimasinya,” ujar Siti.

Sementara, Pemimpin Redaksi Harian Garut News, Igie N Rukmana menjelaskan, tentang proses produksi koran mulai dari perencanaan liputan, penulisan berita, percetakan, hingga sampai ke tangan pembaca. Selain koran, lanjut Igie, Harian Garut News juga memiliki produk media lain berupa online dan TV streaming.

“Kami berdiri sejak tahun 2013, sudah terdaftar di Dewan Pers dan berada di lembaga badan hukum PT Multi Media Garut. Artinya kami sudah terdaftar di Kemenkuham. Legalitas tidak perlu dikhawatirkan lagi. Kemudian ada beberapa manajer lain seperti manajer iklan dan manager sirkulasi. Dibidang redaksi ada redaktur, reporter/wartawan, ada desain grafis dan sosial medianews,” jelasnya.

Selain itu Igie mengatakan, bahwa tugas redaktur adalah memasak berita dari wartawan di lapangan. Sebelum tayang, berita dari wartawan diolah dari segi bahasa, logika, keberimbangan baru kemudian di tayangkan.

“Wartawan kami ada di 42 Kecamatan Se-Kabupaten Garut. Kami membutuhkan akurasi dan ketepatan. Kami juga punya tim khusus untuk liputan eksklusif, target dan sumber berita, trending topic, hingga strategi bisnis industri media,” pungkas Pemimpin Redaksi Harian Garut News. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *