oleh

Komisi 1 DPRD Jabar FKS Dukung Pemekaran, Ahab Sihabudin : Garut Adalah Daerah Otonom

HARIANGARUTNEWS.COM – Hakikat pemekaran pada daerah otonom lebih ditekankan pada aspek mendekatkan akses pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemekaran suatu wilayah merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas baik dalam pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan menuju terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, adil dan makmur.

Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), H Ahab Sihabudin SHI, menjelaskan, secara normatif pembentukan suatu daerah baru dapat diadakan oleh pemerintah, antara lain melalui pemekaran daerah otonom.

“Secara tegas dinyatakan dalam pasal 4 UU Nomor 32 tahun 2004, tentang Pemerintah Daerah. Normatifnya pembentukan daerah otonom baru dapat diadakan oleh pemerintah melali pemekaran wilayah otonom,” ujar Ahab, Sabtu (18/07)

Dengan demikian, sambung Ahab, Garut sebagai daerah otonom memiliki kebebasan dan atau kemandirian untuk mengatur dan mengurus sebagian urusan pemerintah berdasarkan prakarsa atas dasar aspirasi masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dalam ikatan NKRI.

“Saya akan dukung penuh setiap usulan pemekaran. Baik pemekaran desa maupun pemekaran kabupaten. Selama pengusung aspirasi pemekaran tetap dan harus menempuh prosedur yang benar,” jelas Ahab.

Maka dari itu, imbuh Ahab, ide atau aspirasi yang disampaikan oleh arus bawah harus pada prinsip dasar demokrasi, oleh rakyat dan untuk rakyat yang akan memberikan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya pemekaran, dana pembangunan semakin tersebar, relatif lebih merata. Maka dari itu peemekaran yang iaspirasikan haruslah tetap pada prinsip demokarsi untuk kesejateraan bersama,” pungkasnya. (Bulan)**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru