oleh

BUMDes Pangatikan Jaya Garut, Salurkan BPNT Reguler Sembako

HARIANGARUTNEWS.COM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pangatikan Jaya, Desa Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, jadi suplier program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang sudah berubah menjadi bantuan Reguler Sembako. Dalam penyaluran, pengurus BUMDes melibatkan Pemerintah Desa, meskipun tanggung jawab sudah diserahkan sepenuhnya. Secara normatif penyaluran BPNT berjalan lancar dan baik, terlihat beberapa warga yang sedang mengambil bantuan mengantre di depan halaman Balai Desa Karangsari.

Ketua BUMDes Pangatikan Jaya, Peti Patimah mengatakan, kurang dari 316 Kepala Keluarga (KK) miskin warga Desa Karangsari, menerima bantuan berupa bahan-bahan pokok. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras, telur, buah buahan dan kacang ijo total bantuan senilai Rp200 ribu setiap bulannya selalu bervariasi, supaya KPM tidak jenuh dan bosan terkecuali beras yang tetap setiap bulan kita pakai beras jenis standar Premium.

Dijelaskan Peti, untuk pembagian sembako warga langsung datang mengambil ke balai desa, dan ada pula yang diantarkan ke rumah, bagi lansia dan KPM yang sakit.

“Setiap bulannya kita berikan sesuai pedum ada karbohidratnya, protein hewani, nabati serta vitamin dan mineral. Kami juga selalu melakukan 6 T, demi pelayan kepada KPM. Pembagian Reguler Sembako yang diselenggarakan BUMdes Pangatikan Jaya sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan,” ujar Peti, Sabtu (11/07).

Peti berharap apa yang diberikan bisa menjadi manfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mengenai teknis penyaluran dilakukan dalam sehari, mengingat kalau ada bahan pokok misalkan daging yang dikhawatirkan basi ketika tidak langsung dibagikan.

“Alhamdulillah tidak ada kendala saat pembagian, sukses tanpa ekses karena masyarakat bisa menilai dan menghitung sendiri harga-harga barang sesuai harga pasaran. Saya berharap masyarakat yang sudah mendapat bantuan bisa memanfaatkanya untuk dikomsumsi di rumah,” bebernya.

Salah satu warga KPM yang mendapat Reguler Sembako, Euis, merasa senang dengan bantuan tersebut, mengingat harga beberapa kebutuhan pokok saat ini melonjak tajam. Dirinya bersyukur BPNT yang rutin setiap bulan kini bisa dirasakan kembali dan dimanfaatkan untuk membantu kebutuhannya.

“Alhamdulillah sembakonya banyak,” cetus Euis. (Irwi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru