oleh

Imbas Pandemi Corona Pelaku Seni Menjerit, Wakil Bupati Garut dan Kadisparbud Respon Keluhan Generasi

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut menerima audiensi dari perwakilan komunitas pelaku seni Garut Entertainment Artis dan Musisi (Generasi), di ruang kerja Wakil Bupati, Selasa (16/06). Dalam audiensi tersebut, komunitas Generasi ini menyampaikan beberapa keluhan terkait dampak ekonomi terhadap para pelaku seni yang tergabung didalamnya, mulai dari penyanyi, pemain musik, tim sound sistem dan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar, Ketua Generasi Nendi Nurdiana, Sekretaris Asep Rachman (Aroet), Wakil Sekretaris Trie Ekka dan Bendahara Novi Nurhayati.

Sekretaris Generasi, Asep Rachman, mengungkapkan maksud dari audiensi adalah, atas dasar desakan para anggota, yang mana dalam masa Corona Virus Disease (Covid-19) ini, sangat terdampak dalam ekonomi dan belum ada penanganan atau bantuan dari pemerintah.

“Ya, mereka ini selama tiga bulan vakum tidak ada aktivitas, yang mana ini menjadi mata pencaharian sehari-hari. Dan saat ini sama sekali kami belum tersentuh dengan yang namanya bantuan pemerintah,” ujar Asep.

Wakil Bupati Garut dan Kadisparbud saat menerima auden dari perwakilan pelaku seni, Selasa (16/06).

Hal senada diungkapkan, Trie Ekka, mewakili para anggota, ia berharap pemerintah ada kepedulian dengan kondisi para pelaku seni yang notabene aktivitasnya menjadi pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kalau tidak pentas kami tidak punya penghasilan pak, sementara kami butuh uang untuk hidup, dan lagi banyak kawan-kawan yang enggak bisa bayar kontrakan atau kebutuhan lainnya,” kata Trie.

Sementara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman didampingi Kepala Disparbud Budi Gan Gan Gumilar mengatakan, memang saat ini banyak warga masyarakat Kabupaten Garut merasakan keterpurukan ekonomi karena terdampak Covid-19. Bahkan kata Helmi, di Garut khususnya ini sepuluh berbanding 7.

“Jadi kalau dilingkungan ada sepuluh Kepala Keluarga, tujuh diantaranya mendapatkan bantuan akibat Covid-19 ini,” ucap Helmi.

Mengenai keluhan dari komunitas Generasi, Wabup Helmi mengatakan siap mengakomodir keluhan, ia langsung menugaskan Kepala Disparbud untuk mendata dan memilah terhadap insan seni di Kabupaten Garut yang terdampak Covid-19 dan perlu diberikan bantuan, termasuk komunitas Generasi.

“Jadi untuk selanjutnya silahkan dari komunitas Generasi, setelah ini berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, untuk langkah-langkah selanjutnya,” pungkas Wakil Bupati Garut. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru