Wabup Garut : Sigap Dibentuk Harus Bisa Memberikan Kontribusi dan Bersinergi dengan Pemkab

FOKUS2,003 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hadir dalam Launching Syarikat Islam Tanggap Bencana (SIGAP), di sekretariat (SI) Dayeuh Handap, Kecamatan Garut Kota (09/05). Wakil Bupati (Wabup) dr Helmi Budiman, yang juga selaku Ketua Dewan Cabang Syarikat Islam Kabupaten Garut, berharap, Sigap bisa memberikan kontribusi besar dan bisa bergeining dengan Pemerintah Daerah, untuk membantu warga masyarakat khususnya kaum Syarikat Islam.

“Dengan dibentuknya Sigap atau Syarikat Islam Tanggap Bencana ini, mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, yang tentunya membutuhkan peran semua pihak tak terkecuali pimpinan cabang Syarikat Islam Kabupaten Garut,” ucap Helmi, Sabtu (09/05).

Wabup juga mengungkapkan, urusan penanganan dan pencegahan Covid-19, bukan cuma tanggung jawab eksekutif atau legislatif saja, melainkan seluruh komponen tersebut harus satu padu untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

“Bukan cuma legislatif atau eksekutif saja, tapi para relawan dan seluruh lapisan masyarakat bersatu padu melakukan berbagai tindakan untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Garut,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Sigap, Deden Jahir menuturkan ada beberapa poin penting program Sigap dalam penanganan wabah Covid-19 ini, diantaranya memberikan edukasi dan promosi secara intensif mengenai pencegahan dan cara bersikap menghadapi virus corona sesuai dengan anjuran pemerintah dan ketentuan agama.

Selanjutnya, sambung Deden, melakukan penggalanagan dana dari berbagai pihak untuk membantu kaum Syarikat Islam yang terdampak wabah Covid-19 serta mendistribusikan bantuan khususnya yang terkena dampak Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dari aspek sosial dan ekonomi.

“Terkahir, ikut serta mendata kaum Syarikat Islam yang layak mendapatkan bantuan dari pemerintah, tetapi belum masuk data penerima bantuan di desa masing-masing,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *