oleh

Usai Jemput Pasien Reaktif Corona di Tarogong, Tim Rujukan Penanganan Covid-19 Garut Bakar APD

HARIANGARUTNEWS.COM – Selain para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan perang melawan Covid-19, peran petugas ambulans gawat darurat (AGD) Public Savety Center (PSC) 119 Si Jeruk dari Tim Rujukan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut di tengah pandemi juga sangat dibutuhkan.

Sama halnya dengan petugas kesehatan, berdasarkan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), petugas ambulans atau atau kendaraan transfer harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker medis, jubah pelindung, sarung tangan dan pelindung mata saat bertugas. Hal tersebut dilakukan karena petugas ambulans berpotensi terpapar saat memberi layanan antar jemput pasien yang terindikasi corona covid-19.

Biasanya, usai mengantar pasien terjangkit virus corona Covid-19, driver dan seluruh anggota ambulans melakukan proses dekontaminasi berlapis. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin kesterilan dan keamanan petugas.

Petugas Tim Rujukan Covid-19 usai menjemput pasien reaktif corona, Kamis (07/05).

Seperti halnya pada Kamis (07/05) di Sekretariat Command Center Komplek Pendopo Kabupaten Garut, tiga orang petugas Tim Rujukan tampak sedang membakar Alat Pelindung Diri (APD) usai menjemput pasien reaktif dari Pusksesmas Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul ke RS Medina Wanaraja.

Tak hanya sampai disitu, petugas ambulans PSC 119 Si Jeruk juga melakukan proses dekontaminasi usai mengantarkan pasien corona dengan tujuan untuk menjamin keamanan petugas yang berpotensi terpapar.

“Kami baru saja menjemput pasien yang reaktif dari Puskes Haurpanggung ke RS Medina. Adapun penyemprotan disinfektan pada pakaian APD ini untuk membersihkan droplet yang mungkin menempel sekaligus mematikan virus atau mikroba yang terbawa saat bertugas tadi. Selanjutnya APD dibakar dalam kondisi sudah terdekontaminasi,” ujar Angga M Hasbi, Tim PSC 119. (Igie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru