Jubir Covid-19 Garut : Penularan OTG Tidak Dapat Teridentifikasi Secara Kasat Mata

FOKUS1,883 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat SH M Si mengatakan bahwa penularan masih terus berlangsung dan bisa terjadi melalui orang tanpa gejala (OTG) positif Covid-19. Menurutnya, penularan itu terjadi tanpa dapat teridentifikasi secara kasat mata.

“Kita tidak pernah tahu siapa orang yang di luar rumah yang bawa virus, banyak OTG yang tidak bisa kita bedakan dengan mata biasa,” ujar Ricky di Gedung Command Center, Pendopo, Jumat (01/05).

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah. Jika memiliki kepentingan mendesak, maka diharuskan memakai masker dan batasan waktu untuk keluar rumah. Ia menganggap menghindari lebih baik.

“Beli makanan dari rumah, usahakan pakai jasa pengantar makanan, pulang lepas masker,” ucapnya.

“Kami imbau mereka sadar diri meski tidak ada keluhan sakit apa pun atau batuk atau demam ringan. Karena semua punya potensi pembawa virus,” kata Ricky.

Selain itu, Ricky juga mengingatkan kepada masyarakat Garut untuk melindungi lingkungan sekitarnya. Kemudian, memantau masyarakat yang berada di daerah zona merah.

“Oleh karena itu saudara-saudara isolasi diri 14 hari dengan tetap di rumah, pakai masker jaga jarak. Lalu menelusuri kontak dari pasien Covid-19 dan dirawat di RS atau isolasi mandiri,” sambungnya.

Adapun perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut per hari Jumat (01/05) hingga pukul 16.00 WIB, berikut grafiknya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *