Warga Panik, Usai Donor Darah Dua Orang Mendadak Jatuh dan Pingsan di Pendopo Garut

FOKUS4,316 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Para pendonor di Gedung Pendopo Garut langsung panik saat melihat seorang warga yang baru saja melakukan donor darah mendadak pingsan, dan satu orang lagi tiba-tiba jatuh dari kursi usai donor darah di Aula Pendopo Kabupaten Garut, Selasa (21/04).

Beruntung petugas medis dan Staf Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut sigap langsung memberikan pertolongan terhadap kedua orang tersebut dan diberikan sejumlah obat tak lama kemudian mereka pun langsung siuman.

Petugas medis, PMI dan Gugus Darma Pramuka sigap menolong korban.

Sementara itu, salah seorang relawan Gugus Darma Pramuka Kabupaten Garut yang juga pensiunan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Imat Macan mengatakan, kemungkinan peserta donor itu adalah pemula sehingga saat diambil darah terjadi pusing, mual dan kepala pening.

“Jika pemula memang banyak yang mengalami semacam itu mereka tak biasa melihat tetesan darah dan menjadi kepala pening atau bisa saja sebelum diperiksa mereka kurang tidur,” kata Imat.

Ia mengatakan, peserta donor hingga pukul 13.00 WIB, ada sekitar 400 orang mereka berhasil menyumbangkan darah sebanyak 174 labu darah ini nantinya akan dijadikan sebagai stock darah di PMI Garut, mengingat permintaan darah saat ini cukup tinggi.

“Peserta donor usai di ambil darah mereka diberikan vitamin dan kue serta minum susu agar tubuhnya kembali bugar setalah diambil sebagian darahnya,” pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *