Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Barusuda Cigedug Garut, Lakukan Screening di Jalan Lintas

SEPUTAR GARUT1,716 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Satgas Desa Barusuda dan Kecamatan Cigedug, terus gencar dalam penanganan percepatan penanggulangan untuk memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) diwilayahnya. Kepala Desa (Kades) Barusuda, Iman Rustaman, mengatakan, kegiatan saat ini dipusatkan di pertigaan jalan lalulintas dengan kecamatan lainnya.

“Kegiatan hari ini yakni, screening atau pengukuran suhu tubuh bagi para pemudik terutama, mereka di catat dan diberikan edukasi tentang pentingnya isolasi mandiri pasca kedatangan selama 14 hari,” ujar Kades Iman, Senin (20/04).

Selanjutnya, kata Kades Iman, pemberian masker kepada setiap orang yang lewat di jalur jalan yang dilalui dan penyemprotan disinfektan bagi kendaraan yang melewati jalur jalan khususnya yang sering dipakai keluar kota.

“Kebetulan di desa kami banyak bandar sayuran atau tengkulak yang seringkali keluar masuk ke luar kota, dan saat lewat kendaraan mereka kita semprot,” ucapnya.

Kemudian lanjut Iman, warga diberikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya anjuran-anjuran yang telah di sampaikan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi atau Pemerintah Kabupaten. Ia berharap, dengan upaya yang dilaksanakan, menjadi sebuah upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 khususnya di Desa Barusuda.

“Posko ini standby terus sampai waktu yang tida bisa di tentukan, dalam artian mungkin sampai Covid-19 ini tidak ada. Mudah-mudahan secepatnya masalah virus ini selesai,” ungkapnya.

Sementara, Camat Cigedug Mia Herlina S STP M Si, ia mengaku, sudah melakukan monitoring di lima desa wilayah Kecamatan Cigedug, kaitan dengan penanganan Covid-19.

“Jadi Hari ini kita akan ada screening khususnya para pemudik, dan juga pemberian masker dan edukasi kepada masarakat yang melewati jalur jalan, agar senantiasa menggunakan masker setiap keluar rumah, juga penyemprotan bagi kendaran yang dari luar kota, masuk ke wilayah Cigedug,” pungkas Camat. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *