Aksi Relawan Lawan Corona dari MRI-ACT Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Sejak mulai mewabahnya virus corona (covid-19) di Indonesia, MRI-ACT (Masyarakat Relawan Indonesia – Aksi Cepat Tanggap) yang merupakan Lembaga Sosial dan Kemanusiaan di Indonesia melakukan berbagai aksi sebagai bentuk kepedulian terhadap mewabahnya virus tersebut.

Di kab. Garut, sejak mulai diberlakukannya kebijakan Work and Learn From Home (Bekerja dan Belajar di Rumah) pada pertengahan bulan Maret 2020, MRI-ACT Garut dengan cepat melakukan berbagai aksi sosial dan kemanusiaan yang dilakukan di beberapa wilayah Kabupaten Garut. Diantaranya Penyemprotan Disinfektan, Pembagian Handsanitizer, Pembagian Masker, Sosialisasi melalui media cetak dan online, Operasi Pangan Gratis/Nasi Berkah dan Operasi Sembako Gratis.

Itu pula yang dilakukan oleh para relawan MRI-ACT Garut, saat mendapatkan informasi terkait belum adanya bantuan upaya mitigasi COVID-19 di Jl Mawar  Kp Pangampaan Kelurahan Pakuwon RW 05 Kec Garut kota. Dikomandoi oleh Adi Nugraha sebagai Kordinator Relawan, merespon dengan cepat informasi tersebut.

“Kami mendapatkan info dari media online HGN pada Rabu malam, bahwa di Kp Pangampaan Kelurahan Pakuwon RW 05 Kec Garut Kota belum tersentuh upaya mitigasi COVID-19. Dan relawan kami segera melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, juga pihak terkait untuk dilakukan upaya berupa penyemprotan disinfektan di wilayah tersebut,” ujar Adi.

Aksi penyemprotan disinfektan ditargetkan ke mesjid dan faslitas umum yang sering dipakai hingga ke dalam gang-gang sempit, semua disemprot tanpa ada yang terlewat.

“Terima kasih atas kepeduliannya kepada kami, semoga ALLAH membalasnya dengan kebaikan,” ujar Aep salah satu warga RW 05.

Sementara Budiono, salah satu relawan yang ditemui di lokasi saat penyemprotan menjelaskan aksi penyemprotan desinfektan diwilayah ini sebelum tim MRC datang sudah dilaksanakan tim DPC PDI Perjuangan, tapi pihaknya tetap melakukan penyemprotan di area2 yang belum/terlewat penyemprotan desinfektan yang sebelumnya. Mudah-mudahan upaya ini bisa membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Minggu (19/04/2020)

“Kepada warga dimohon untuk terus mengikuti arahan dari pemerintah dengan menerapkan Social Distance, Physical distance, menjaga kesehatan dan kebersihan. Agar wabah ini cepat berlalu, sehingga kita bisa beraktifitas lagi seperti biasa,” himbau Budi.

Pada lokasi yang sama, Heru, Kordinator Relawan kecamatan Garut Kota menyampaikan kepada tim media, bahwa sebagai bentuk kepedulian dari para relawan MRI-ACT Garut, mereka memberikan kesempatan kepada daerah lain yang saat ini belum tersentuh penyemprotan disinfektan. Supaya bisa dibantu oleh pihaknya.

“Kami siap membantu penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah kabupaten Garut, dan itu semua GRATIS. Silahkan hubungi kami, insyaallah kami siap membantu. Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyemprotan disinfektan bisa menghubungi MRI-ACT Garut pada nomor WA 081395993931,” pungkasnya. (Bulan)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *